Pembelajaran Daring di TK/PAUD Selama Pandemi Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Usman Usman(1*), Syamsul Bachri Thalib(2), Herlina Herlina(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembelajaran daring di TK/PAUD selama masa Pandemi Covid-19 memunculkan berbagai macam dampak, baik dari sistem pendidikan hingga perkembangan sosial-emosional siswa. Penelitian ini akan mengkaji beberapa hal penting selama masa pandemi Covid-19, diantaranya pengelolaan kegiatan pembelajaran oleh guru TK/PAUD, pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru TK/PAUD, manajemen evaluasi pembelajaran, hambatan-hambatan yang dialami guru TK/PAUD dalam pengelolaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran, usaha-usaha yang dilakukan guru TK/PAUD dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan gambaran dampak pembelajaran daring terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 74 orang guru TK/PAUD yang dipilih secara porpusive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa dalam pengelolaan pembelajaran, guru melakukan beberapa hal, seperti pengelolaan tugas, kunjungan rumah, meeting online, mengefektifkan komunikasi, meeting offline, belajar dengan lingkungan, memotivasi, dilakukan sebisanya, dan lain sebagainya yang telah dibahas di bagian pembahasan. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan grup WhatsApp, belajar dari rumah, tatap muka terbatas, melakukan visualisasi pembelajaran, memberikan lembar kerja dan buku paket serta menggunakan Zoom. Untuk mengevaluasi pembelajaran siswa TK/PAUD, guru menilai dengan melihat tugas siswa, perkembangan anak, dokumentasi, laporan orangtua dan apa adanya. Adapun hambatan-hambatan yang ditemukan oleh guru terdiri atas hambatan secara internal dan eksternal. Usaha-usaha yang dilakukan guru terhadap hambatan tersebut adalah kunjungan rumah, memaksimalkan komunikasi, perhatian lebih, belajar langsung bersyarat, menyederhanakan pembelajaran, memberikan buku ajar, variasi media, mengefektifkan evaluasi, menanamkan pola pikir baru, meningkatkan religiusitas, memberi bantuan dan mendesain suasana belajar yang nyaman. Terakhir, terkait gambaran perkembangan sosial-emosional siswa tergolah baik

 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Sosial-Emosional, Covid-19, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. Polyglot, 14(1): 65-78.

Cohen, R. J., & Swerdlik, M. E. (1999). Psychological testing and assessment 7th Ed. Boston: McGraw-Hill.

Dinata, O. (2017). Hubungan Kecanduan Game Online Clash of Clans Terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Game Online Clash of Clans Pada Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau). Jom FISIP, 4(2): 1-15.

Fadlilah, A. N. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Obsesi, 5(1): 373-384.

Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1): 96-109.

Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan, (ed 5). (Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi guru dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(5): 150-167.

Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di SMK Negeri 2 Toraja Utara pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1): 37-45.

Luhulima, D. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa. S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi Untuk Anak Sekolah Minggu. Jinotep, 3(2): 110-120.

Nirmala, B., & Annuar, H. (2021). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Obsesi, 5(2): 1052-1062.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2): 216-232.

Ratreni, N. L., Agung, A. A. G., & Suwatra, I. W. (2013). Penerapan metode pemberian tugas dan kegiatan 3M untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok b TK Widya Kumara Sari Tunjung. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1): 1-10.

Warsanih, S. E., Susilaningsih, Hamidi, N. (2013). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. JUPE UNS, 1(3): 1-13.

Widiastini, L. P., Raga, I. & Kusmaryatni, N. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Meronce Anak Kelompok B di TK Nurul Mubin. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1): 1-10.


Article Metrics

Abstract view : 389 times | PDF view : 362 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.