Analisis Keterampilan Praktek Ukur Tanah II Jurusan PTSP FT UNM

Taufiq Natsir(1*), Bakhrani A. Rauf(2), Faisal Syafar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan Praktek Ukur Tanah II Jurusan PTSP FT-UNM yang merupakan penelitian komparatif dan Populasinya adalah mahasiswa angkatan 2020 yang memprogram matakuliah Ilmu Ukur Tanah II dengan teknis Random Sampling dan data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan SPSS (Statistical Package for Sosial Science) versi 17. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata dan standar deviasi kelas kontrol  yaitu 27,79 dan 5,234 sedangkan kelas perlakuan yaitu 31,95 dan 6,493. Berdasarkan hasil statistik inferensial dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,041 < α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan yang signifikan antara kelas kontrol  dengan kelas perlakuan pada praktek Ukur Tanah II Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

 

Kata Kunci: Komparatif, Keterampilan, Praktek Ukur Tanah


Full Text:

PDF

References


Clarke, L., & Winch, C. (Eds.). (2007). Vocational Education : International approaches development and system. London & New York : Routledge, Taylor and Francis Group.

Department of Education, Science and Training (DEST). (2002). Employability Skills for the Future. Australia: Commonwealth.

Department of Education, Employment and Workplace Relations (DEEWR). (2011). Overview of the Australian Apprenticeships Program. Australia: DEEWR.

Dirjen Dikti, 2020, Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbut RI.

Field, Andy. (2000). Discovering statistics using SPSS for windows. London Sage Publications.

Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1999). Curriculum Development in Vocational and Technical Education : Planning, Content and Implementation 5th Ed. Boston, Massachusetts : Allyn & Bacon, Inc.

Finlay, I,, Stuart, N., & Young S. (Eds.). (1998). Changing Vocational Education and Training : An International comparative perspective. London & New York : Routledge, Taylor and Francis Group.

Grifftihs, Tony. (2003). Learning and Work: issues for vocational and lifelong education research [versi elektronik] . European Educational Research Journal, Volume 2, Number 1, 1-5.

Iftida Yasar. (2009). Link and match: Keterkaitan dunia industri dan dunia pendidikan. Diakses pada tanggal 5 januari 2011 melalui http://indosdm.com/link-and-match-keterkaitan-dunia-industri-dan-dunia-pendidikan

Kurzel, Frank and Rath, Michelle. (2007). Project Based learning and learning environments. [Versi Elektronik]. Information Science and Information Technology, 4, 503-510

Saifuddin Azwar. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saifuddin Azwar. (2008). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.