Pengaruh Model Pembelajaran Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application (ELPSA) Berbasis Virtual Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru SD

Latri Latri(1*), Rahmawati Patta(2), Syamsuriyani Eka Putri Atjo(3), Agusalim Juhari(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) STKIP Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. ELPSA merupakan salah satu model pembelajaran matematika yang dapat membantu pengalaman anak dalam memahami konsep-konsep matematis. Penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application) berbasis virtual Classroom dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Model belajar yang yang digunakan adalah model belajar virtual calassroom yang mememadukan LMS dan Virtual Meeting Zoom. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan dan tes hasil belajar dalam bentuk online-form. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata skor hasil belajar (posttest) tentang pemahaman geometri mahasiswa calon Guru SD Prodi PGSD UNM Makassar yang diajar menggunakan model pembelajaran ELPSA mencapai 82,48 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 5,53. Peningkatan hasil belajar berada pada kategori minimal sedang dengan rata-rata mencapai 0,64 dari skor ideal 1, (2) Model Pembelajaran ELPSA berbasis Virtual Clasroom berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman geometri mahasiswa calon Guru SD Prodi PGSD UNM Makassar.

Kata Kunci: ELPSA, geometri, virtual classroom


Full Text:

PDF

References


Johar, R., Nurhalimah, & Yuzrizal. (2016). Desain Pembelajaran ELPSA pada Materi Pencerminan. Edumatica, 6(2), 2088-2157.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155.

Latri, L., Juhari, A., Hermuttaqien, B. P. F., & Hartoto, H. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 169-179.

Lusiana. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) Untuk Pelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri Palmbang. Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya Palembang.

Nursakiah, N., Ramdani, R., Firdaus, A. M., & Muzaini, M. (2020). PENGARUH PENDEKATAN ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTURES, SYMBOLS, AND APPLICATION) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 27-37.

Putri, F., Setiani, Y., & Pamungkas, A. S. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTURE, SYMBOLS, APPLICATION (ELPSA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 16-31.

Rodiah, S. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) berbantuan software Geogebra: Penelitian kuasi eksperimen di SMA Muhammadiyah 4 Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Setiawan, H., Dafik, D., & Lestari, N. D. S. (2014). Soal Matematika Dalam Pisa Kaitannya dengan Literasi Matematika Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. FKIP Universitas Jember.

Utami, F.D., Djatmika, E. T. & Sa’dijah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12),1629-1638

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, A. (2014). Pengenalan desain pembelajaran ELPSA (experiences, language, pictures, symbols, application). Makalah. PPPPTK Matematika Yogyakarta.

Wikasari, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ELPSA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).


Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.