Perancangan Tari Pakarena Bulu’ Tana Sebagai Model Dalam Pembelajaran Tari Etnis Makassar Putri Bagi Mahasiswa Program Studi Seni Tari Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makasar

Nurwahidah Nurwahidah(1*), Sri Wahyuni Muhtar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini didesain untuk menghasilkan Model Pembelajaran Tari Etnis Makasar dengan cara merancang dan mengemas Tari Tradisional Pakarena Bulu' Tana, dengan menggunakan teknik volume (ukuran fisik dengan penghitungan gerak yang tepat) sesuai dengan gesture (sikap tubuh) pemilik kesenian dalam bentuk Buku Ajar. Hal ini penting dilakukan karna Penelitian ini memiliki relevansi dengan keberlanjutan seni pertunjukan, khususnya seni tari dalam etnis Makasar. Dengan demikian  tari Pakarena Bulu’ Tana tidak hanya menjadi kisah kenangan manis masa silam, akan tetapi sebagai kontribusi ilmiah dalam pengembangan ilmu pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan nilai-nilai dalam tari Pakarena Bulu’ Tana, bahwa tari Pakarena Bulu’ Tana  tidak hanya ditarikan dengan teknik gerak yang baik, akan tetapi masyarakat terutama generasi muda, khususnya mahasiswa Seni Tari  dapat memahami nilai-nilai atau esensi dari Pakarena tersebut yang tercermin pada bentuk, esensi, dan teknik geraknya, sehingga penguatan keberadaan  Pakarena Bulu’ Tana  dalam masyarakat etnik Makasar khususnya, dapat bertahan dan berkesinambungan dari generasi ke generasi sebagai pewaris budaya. Manfaat lain adalah bahwa hasil penelitian ini menjadi bahan apresiasi dan perbandingan kajian di kalangan akademisi, peneliti, seniman dan pemerhati seni dalam berbagai perspektif sehingga melahirkan informasi ilmu pengetahuan yang lebih komprehensif dan bernilai guna dalam kemaslahatan hidup manusia.Lebih spesifik penelitian ini menjadi bahan kajian sumber, dokumentasi, dan inventarisasi jejak kesenian etnis Makasar di Instansi atau Perguruan Tinggi Seni di Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan etnokoreologis dengan pengumpulan data berdasarkan emik, baik dengan teknik observasi, wawancara, maupun dokumentasi. Penulisan etnografinya berdasarkan  emik dan etik, serta analisis datanya kulitatif holistik.

 

Kata Kunci: Tari, Pakarena, Bulu’ Tana,Bentuk, Teknik, Volume, Model


Full Text:

PDF

References


Ahimsa-Putra, Heddy Shri, “Etnosains untuk Etnokoreologi Nusantara (Antropologi dan Khasanah Tari)”. dalam R. M. Pramutomo ed., Etnokoreologi Nusantara (Batasan, Kajian, Sistematika, dan Aplikasi Keilmuannya). Surakarta: Penerbit ISI Press, 2008.

---------“Etnosains untuk Etnokoreologi Nusantara (Antropologi dan Khasanah Tari)”, Makalah disampaikan dalam Simposium Ethnokoreologi Nusantara diselenggarakan oleh Institut Seni Indonesia Surakarta tanggal 31 Desember 2007.

---------“Ethnoart: Fenomenologi Seni untuk Indiginasi Seni dan Ilmu” dalam Waridi dan Bambang Murtiyoso ed., Seni Pertunjukan Indonesia Menimbang Pendekatan Emik Nusantara. Solo: STSI Surakarta, 2005.

---------“Wacana Seni dalam Antropologi Budaya: Tekstual, Kontekstual, dan Post Modernitis”dalam Heddy Shri Ahimsa Putra ed., Ketika Orang Jawa Nyeni. Yogyakarta: Galang Press, 2000.

Hadi, Y Sumandiyo, 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Holt, Clair, Dance Quest in Celebes, Les Archieves International De la Dansa. Paris: 1939.

Lathief, Halilintar dan Niniek Sumiani HL, Tari Daerah Bugis (Tinjauan Melalui Bentuk dan Fungsi). Jakarta: Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan Nasional, 1999.

Lathief, Halilintar dan Nurdin Taba, Seni Tradisional di Sulawesi Selatan. Jakarta: Pustaka Wisata Budaya PPMK, Dirjen Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995.

Marinis, Marco de, The Semiotics of Performance, terj. Aine O’ Healy. Bloominton and Indianapolis: Indiana University Press, 1993.

Rahman, Nurhayati, Suara-Suara dalam Lokalitas (Religi, Tradisi dan Seni dalam Naskah Lagaligo), Makasar: Lagaligo Press, 2012

Royce, Anya Peterson, Anthropology of The Dance. Bloomington and London: Indiana University Press, 1980.

Royce, Anya Peterson. Anthropology of The Dance, terj. FX. Widaryanto. Bandung: Sunan Ambu Press, 2006


Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.