Tingkat Kesiapan Infrastruktur terhadap Penggunaan SYAM-OK di Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UNM

Farida Febriati(1*), Nurhikmah H(2), Merrisa Monoarfa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Fokus Penelitian penelitian ini adalah bagaimana tingkat kesiapan infrastruktur terhadap penggunaan SYAM-OK dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang meliputi: kemudahan, kebermanfaatan, penerimaan penggunaan serta hambatan yang dialami pengguna selama proses pembelajaran daring menggunakan SYAM-OK pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Juni 2021 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2019 yang telah mengisi angket dan melakukakn proses wawancara mengenai kesiapan infrastruktur penggunaan SYAM-OK. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa kesiapan infrastruktur terhadap penggunaan SYAM-OK yang meliputi empat indikator yaiu, kemudahan, kebermanfaatan, penerimaan pengguna dan hambatan yang dialami pengguna. Diantara 4 indikator tersebut, indikator tingkat kesiapan penerimaan penggunaan yang masih perlu lebih ditingkatkan lagi. Adapun hambatan yang dialami pengguna dalam proses pembelajaran daring menggunakan SYAM-OK adalah koneksi internet yang kurang mendukung, server down dan jumlah kapasitas pengumpulan tugas yang terbatas. Meskipun begitu, baik mahasiswa maupun dosen berharap untuk tetap menggunakan SYAM-OK dalam proses pembelajaran daring maupun pembelajaran tatap muka.

 

Kata Kunci: Tingkat Kesiapan, Infrastruktur, SYAM-OK, Pembelajaran Daring, COVID-19.

Full Text:

PDF

References


Chapnick, S. (2000). E-Learning Readiness Assessment. Retrieved January 1, 2016, from http://www.researchdog.com

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in Covid-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 492.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 167. (Diakses 8 Februari 2021) https://jurnal.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2654/1904

Ibrahim, R., Leng, N. S., Yusoff, R. C. M., Samy, G. N., Masrom, S., & Rizman, Z. I. (2017). E-learning acceptance based on technology acceptance model (TAM). Journal of Fundamental and Applied Sciences, 9(4S), 872.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1). 58. (Diakses 8 Februari 2021) https://www.prosiding.seminar id.com/index.php/sainteks/article/view/122/122

Saekow, A., & Samson, D. (2011). E-learning Readiness of Thailand's UniversitiesComparing to the USA's Cases. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 1(2), 126-129.

Slameto. 2013. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soendari, T. 2012. Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 192.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: UNY Press

Usman, H., & Akbar, P. S. (2008). Metodologi penelitian sosial. Bumi Aksara.

Verkatesh, V. 2000. Determinants of perceived ease of use: integrating control, instinsic motivation, and emotion. Information System Research, 11(14):342-365


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.