Kemandirian Belajar dan Respon Mahasiswa Jurusan Kimia Pada Perkuliahan Mikrobiologi Industri Melalui Model Direct Instruction Dengan Sistem Pembelajaran Daring

Muhammad Danial(1*), Taty Sulastri(2), Halimah Husain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah menumbuhkembangkan perilaku kemandirian belajar mahasiswa jurusan kimia melalui penerapan model direct instrution dengan sistem pembelajaran daring pada matakuliah mikrobiologi industri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap: 1) penyiapan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian/pengumpul data, 2) pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model direct instruction dengan sistem pembelajaran daring, 3) pengumpulan data, 4) mengolah dan menganalisis data, dan 5) melaporkan dan mempublikasikan hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah  mahasiswa jurusan kimia FMIPA UNM Program Studi Pendidikan Kimia ICP dan Non-ICP tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah tiga kelas. Objek penelitian ini adalah kemandirian belajar dan respon mahasiswa atas penerapan model pembelajaran direct instruction dengan sistem pembelajaran daring pada perkuliahan mikrobiologi industri. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah menumbuhkembangkan perilaku kemandirian belajar mahasiswa khususnya di masa pandemic covid-19 dan menjadi bahan informasi bagi dosen pengampu mata kuliah mikrobiologi industri atas keefektifan penggunaan model direct instruction dengan sistem pembelajaran daring dalam membelajarkan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kemandirian belajar mahasiswa sebesar 3,80 dengan kategori tinggi. Aspek kemandirian belajar ini mencakup perilaku tanggung jawab dengan kategori tinggi, bebas dengan kategori tinggi, aktif dengan kategori tinggi, percaya diri dengan kategori sedang, dan perilaku inisiatif dengan kategori tinggi. Selanjutnya, respon mahasiswa atas penggunaan model direct instruction dalam pembelajaran mikrobiologi industri dengan sistem pembelajaran daring sebesar 3,92 dengan kategori tinggi. Aspek respon mahasiswa mencakup kualitas bahan ajar yang disajikan, membantu dalam memahami konsep, keterlibatan individu dan kelas dalam proses pembelajaran, kualitas partisipasi individu dalam proses pembelajaran, kegunaannya dalam pencapaian tujuan pembelajaran, kemenarikan, membantu belajar, interaksi dosen dengan mahasiswa, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Keseluruhan aspek ini tergolong ke dalam kategori tinggi. Adapun aspek kendala sinyal jaringan internet tergolong kategori sedang dan penggunaan aplikasi media pembelajaran yang efektif adalah google meet. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction dengan sistem pembelajaran daring menggunakan aplikasi google meet pada perkuliahan mikrobiologi industri dapat menumbuhkembangkan kemandirian belajar mahasiswa jurusan kimia FMIPA UNM dengan kategori tinggi dan mendapat respon positif dengan kategori tinggi.

 

Kata Kunci: kemandirian belajar, direct instruction, pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


Ary, D., L.C.Jacobs dan A.Razavieh, 1982. Pengantar Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Danial, M. dan Nurlaela. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Investigasi dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Metakognisi, dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun 2 UNM.

Danial, M. dan Sulastri, T., 2018. Kemandirian Belajar dan Respon Mahasiswa PPs UNM pada Pembelajaran Berbasis Investigasi pada matakuliah Landasan Pembelajaran Kimia. Laporan Peneltian UNM.

Danial, M. dan Sulastri, T., 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Berbasis V-Makes Pada Materi Senyawa Hidrokarbon. Laporan Peneltian UNM.

Danial, M. dan Yunus, M., 2019. Critical Thinking Skills and Students Learning Independence of Chemistry Department Undergraduate Program in Lectures of Chemistry Education Seminar Through Critical Analtsis Technique. Journal of Physic IOP Conference series:1317012151

Danial, M., 2007. Mikrobiologi Industri: teori dan praktisnya. Makassar: UNM Press.

Ermayulis, S., 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19.

https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/ Diakses tgl 7 April 2021.

Hidayat, N., Padaga, M.C., dan Suhartini, S. 2006. Mikrobiologi Industri. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Higher Education Academy, 2014. Independent Learning. England and Wales: the Higher Education Academy.

Mahmudi, A., dan Saelan. 2005. The Implementation of Constructivism in Mathematics Instruction. Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya & Excange Experience of IMSTEP 5-6 September 2005. Malang: FMIPA UM – Dirjen Dikti Depdiknas.

Safnowandi, 2012. Model pengajaran langsung (Direct Instruction).

https://safnowandi.wordpress.com/2012/03/21/model-pengajaran-langsung/ Diakses tgl 7 April 2021.

Slavin, RE., 2008. Psikologi Pendidikan: teori dan praktik. Edisi kedelapan Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Sugiono, 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV.

Suparman, A. 1997. Desain Pembelajaran.Jakarta: PAU-PPAI.

Suratno, A. 2005. Internet dan Kemandirian Belajar. Semarang: UKS.


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.