Kajian Pemanfaatan Ruang Kawasan Permukiman Tepian Kanal Jongaya Kelurahan Pabaeng-Baeng Kota Makassar

Raeny Tenriola Idrus(1*), Armiwaty Armiwaty(2), Andi Yusdi Dwiasta R(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Bertambahnya penduduk berdampak pada meningkatnya kebutuhan penduduk akan tempat tinggal. Pembangunan yang terus meningkat berdampak pada berubahnya ruang terbuka yang seharusnya berfungsi sebagai ruang terbuka tanpa bangunan berubah menjadi ruang terbuka dengan bangunan baik permanen maupun sementara. Pembangunan yang semakin meningkat mengubah wajah ruang terbuka menjadi kompleks hunian. Akibatnya, tidak tersedia tempat bermain anak dan ruang sosialisasi masyarakat di luar rumah sehingga prasarana jalan dan area sempadan kanal dipilih sebagai tempat aktivitas sosial masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengkaji penggunaan ruang pada kawasan permukiman tepian kanal Jongaya kelurahan Pabaeng-baeng berdasarkan  aktivitas sosial masyarakat, termasuk mengkaji aktifitas sepanjang jalan inspeksi kanal Jongaya antara jalan Andi Tonro dan jalan Sultan Alauddin. Penelitian deskriptif ini menggunakan teknik analisa cognitive mapping yaitu metode analisa kegiatan  sosial berdasarkan pola penggunaan ruang melalui media pemetaan ruang dan aktivitas masyarakat. Hasil penelitian adalah  pemetaan  aktivitas masyarakat berdasarkan jenis kegiatan, waktu dan interval penggunaan ruang sosialnya. Aktifitas masyarakat umumnya menggunakan jalan untuk beraktifitas.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan, Ruang, Aktifitas Masyarakat, Tepian Kanal


Full Text:

PDF

References


Dahlan, A., & Trisutomo, S. (2019). Studi Awal Pemanfaatan Kanal Jongaya dan Panampu Sebagai Transportasi Air di Kota Makassar. Pena Teknik, 122-134.

Darmawan, S., & Utami, T. B. (2018). POLA PEMANFAATAN RUANG TERBUKA PADA PEMUKIMAN KAMPUNG KOTA. Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan, 127-136.

Lang, J. (1987). Creating Architectural Theory, The Role of The Behavioral Sciences in Environmental Design. New York: Van Nostrand Reinhold Company Inc.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2015). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Rapoport, A. (1982). Human Aspect Urban Form. New York: Nostrand Reinhold Company Inc.


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.