Survey Kohesivitas Kelompok Guru SMKN 3 Makassar

Ramli Rasyid(1*), Taufiq Natsir(2), Badaruddin Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pentingnya kohesivitas sosial guru di sekolah, baik dalam pembelajaran maupun dalam medan sosial sekolah dapat terlihat dalam konteks guru adalah merupakan sebuah kekuatan interaksi dari seorang guru dalam menjalin kerjasama terhadap berbagai stakeholder yang ada, baik terhadap sesama antar guru, guru terhadap siswa, guru terhadap tenaga non kependidikan, dan guru terhadap orang tua atau masyarakat. Sehingga melahirkan kesatuan, kereratan, dan saling menarik yang juga merupakan wujud kongkret dari kompetensi sosial guru. Penelitian ini merupakan penelitian survey bertujuan untuk mengetahui kondisi kohesivitas kelompok antara guru dengan guru muapun pimpinan sekolah sebagai penentu kebijakan pada SMKN 3 Makassar, dan hasilnya menyatakan bahwa  kohesivitas kelompok sangat dinamis level kohesivitas yang tinggi terlihat melalui kecenderungan kelekatan dan kebersatuan kelompok dalam hal kekuatan sosial, kesatuan dalam kelompok, daya Tarik, maupun Kerjasama kelompok

Kata Kunci: Survey, Kohesivitas, SMK Negeri 3 Makassar

 

 


Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2012). Hubungan kohesivitas kelompok dengan intensi turnover pada karyawan. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(2).

Blumer, Herbert. (1969). Symbolic Interactionism. Englewood Cliffs, NJ: Prentice- Hall. Research. Terj. Dariyatno dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln (eds.). 2009. Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Dwinuryati, Y., Andayani, A., & Winarni, R. (2018). Analisis Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Teks Eksposisi Siswa Kelas 10 Sekolah Menengah Atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 61-69.

Festinger, L., Schachter, S., & Back, K. (1950). Social preasure in informal groups: A Forsyth, D.R.. 1999. Group Dynamics. California: Brook/Cole Publishing Company. Griffin, Emory A., A First Look at Communication Theory, 5th edition, New York: McGraw-Hill, 2003

http://www.apb.or.id/?p=188kompetensisosialguru(Pdt.RubinAdiAbraham).

John W. Creswell, Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014,

Pristiwati, R. (2011). Kohesi Gramatikal Dalam Teks Laporan Penelitian Dosen Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(2).

Ritzer, G.,, 2004. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda (terjemahan oleh Alimandan/ judul asli: Sociology: a multiple paradigm science). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ritzer, G.,, 2005. Teori Sosial Postmodern (Judul asli : Postmodern Social Theory; penerjemah: Muhammad Taufik). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. (2003). Teori Sosiologi Modern. Prenada Media: Jakarta

Ritzer, Goerge dan Smart, Barry. (2011). Handbook Teori Sosial. Nusamedia: Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.