Pengaruh Penerapan Computional Thinking Terhadap Kemampuan Guru Melatih Critical Tinking dan Problem Solving Siswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Pembelajaran abad 21 yang dikenal dengan 4C Collaboration, Communication, Critical Tinking dan problem solving, serta Creative dan Innovative diharapkan berdampak pada pelajar Indonesia yang kreatif dan berkarakter. Kenyataannya berdasarkan penilaian Programme of International Student Assesment (PISA) tahun 2018, Indonesia menempati rangking 10 besar terbawah dari 78 negara. Permasalahannya bahwa pelajar Indonesia memiliki tingkat analisis yang rendah. Langkah perbaikan nilai PISA dilakukan pemerintah berbagai kebijakan. Penerapan metode computational thinking menjadi solusi yang menarik untuk dilaksanakan penelitian terhadap guru dalam mengembangkan pembelajaran abad 21 pada aspek critical Thinking dan problem solving. Objek penelitian akan diambil sampel sebanyak 70 Siswa di Sulawesi Selatan. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh penerapan metode computational thinking terhadap kemampuan guru melatih Critical Thinking dan problem solving siswa. Metode penelitian adalah eksperimen melalui pengumpulan data observasi tes melalui soal tes awal dan akhir, Data akan dianalisis melalui uji-t. Hasil penelitian berdasarkan uji normalitas terlihat nilai Sig. untuk pretest dan posttest bernilai sama, yaitu 0,200. Nilai Sig. yang lebih dari 0,05 mengindikasikan bahwa data berdistribusi normal. Hasil pengolahan data dan analisis data berdasarkan “Paired Samples Test” bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest yang artinya ada pengaruh penerapan computional thinking dalam meningkatkan hasil belajar terkait berfikir kritis dan penyelsaian masalah. Tari tabel output “Paired Samples Test” di atas juga memuat informasi tentang nilai "Mean Paired Differences " adalah sebesar -17,83. Nilai ini menunjukkan selisih antara rata-rata hasil belajar pretest dengan rata-rata hasil belajar posttest.
Kata Kunci: Computional Thinking, Critical Tinking dan Problem SolvingFull Text:
PDFReferences
Aho, A. 2011. Computation and computational thinking. Ubiquity Symposium. DOI: 10.1145/1895419.1922682
Aren.http://aren.cs.ui.ac.id/kikd/index.phpBebrasIndonesia.http://bebras.or.id/v3/pembahasan-soa32l/h
Bar, Valarie., Stephenson, Chris. Bringing Computational to K-12. ACM in roads. 2011
Curriculum.https://code.org/curriculum/science/files/CS_in_Science_Module_1.pdf
Computer science. https://www.csteachers.org/page/standards
Denning, Peter J., Computational Thinking in Science. American Science. 2017
Education http://www.bbc.co.uk/education/topics/z7tp34j
Iste. http://www.iste.org
Giannakos, M. (2020). Computational thinking education : Issues and challenges. Computers in Human Behavior, (November 2019). https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106185
K12. https://k12cs.org/
Nouri, J., Zhang, L., Mannila, L., & Norén, E. (2020). Development of computational thinking , digital competence and 21 century skills when learning programming in K-9. Education Inquiry, 11(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/20004508.2019.1627844
Ramadhani, N. R. (2020). Designing Interaction and User Interface of Computational Thinking Digital Game using User- Centered Design Approach, (September).
Reigeluth, C. M. (2014). In search of a better way to organize instruction : The elabortion theory ( 05 ), (May). https://doi.org/10.1007/BF02984374
Reigeluth, C. M. (2016). Classes of instructional variables ( 7 ), (March 1980).
Reigeluth, C. M., Empowerment, T., & Choice, S. (2014). What is Instructional Design Theory and How Is it Changing? (93), (March).
Wagner, T. (2008). Educational Leadership, 66(2).
Yasin, M. (2020). COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR-DASAR COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR - DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER akan membantu mereka menghadapi tuntutan kehidupan abad ke - 21 dengan lebih baik ., (April), 0–11.
Zahratul Fitri, E. U. (2021). Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kuriikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif Penerapan Metode Computational Thinking Pada Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kurikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif kulum Aceh Untuk Me capai Kogniti "Mencip, 4(1), 60–73.
Article Metrics
Abstract view : 281 times | PDF view : 53 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.