Pengaruh Penerapan Computional Thinking Terhadap Kemampuan Guru Melatih Critical Tinking dan Problem Solving Siswa

Dyah Vitalocca(1*), Muhammad Yahya(2), Wirawan Setyalaksana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembelajaran abad 21 yang dikenal dengan 4C Collaboration, Communication, Critical Tinking dan problem solving, serta Creative dan Innovative diharapkan berdampak pada pelajar Indonesia yang kreatif dan berkarakter. Kenyataannya berdasarkan penilaian Programme of International Student Assesment (PISA) tahun 2018, Indonesia menempati rangking 10 besar terbawah dari 78 negara. Permasalahannya bahwa pelajar Indonesia memiliki tingkat analisis yang rendah. Langkah perbaikan nilai PISA dilakukan pemerintah berbagai kebijakan. Penerapan metode computational thinking menjadi solusi yang menarik untuk dilaksanakan penelitian terhadap guru dalam mengembangkan pembelajaran abad 21 pada aspek critical Thinking dan problem solving. Objek penelitian akan diambil sampel sebanyak 70 Siswa di Sulawesi Selatan. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh penerapan metode computational thinking terhadap kemampuan guru melatih Critical Thinking dan problem solving siswa. Metode penelitian adalah eksperimen melalui pengumpulan data observasi tes melalui soal tes awal dan akhir, Data akan dianalisis melalui uji-t. Hasil penelitian berdasarkan uji normalitas terlihat nilai Sig. untuk pretest dan posttest bernilai sama, yaitu 0,200. Nilai Sig. yang lebih dari 0,05 mengindikasikan bahwa data berdistribusi normal. Hasil pengolahan data dan analisis data berdasarkan “Paired Samples Test” bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest yang artinya ada pengaruh penerapan computional thinking dalam meningkatkan hasil belajar terkait berfikir kritis dan penyelsaian masalah. Tari tabel output “Paired Samples Test” di atas juga memuat informasi tentang nilai "Mean Paired Differences " adalah sebesar -17,83. Nilai ini menunjukkan selisih antara rata-rata hasil belajar pretest dengan rata-rata hasil belajar posttest.

Kata Kunci: Computional Thinking, Critical Tinking dan Problem Solving

Full Text:

PDF

References


Aho, A. 2011. Computation and computational thinking. Ubiquity Symposium. DOI: 10.1145/1895419.1922682

Aren.http://aren.cs.ui.ac.id/kikd/index.phpBebrasIndonesia.http://bebras.or.id/v3/pembahasan-soa32l/h

Bar, Valarie., Stephenson, Chris. Bringing Computational to K-12. ACM in roads. 2011

Curriculum.https://code.org/curriculum/science/files/CS_in_Science_Module_1.pdf

Computer science. https://www.csteachers.org/page/standards

Denning, Peter J., Computational Thinking in Science. American Science. 2017

Education http://www.bbc.co.uk/education/topics/z7tp34j

Iste. http://www.iste.org

Giannakos, M. (2020). Computational thinking education : Issues and challenges. Computers in Human Behavior, (November 2019). https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106185

K12. https://k12cs.org/

Nouri, J., Zhang, L., Mannila, L., & Norén, E. (2020). Development of computational thinking , digital competence and 21 century skills when learning programming in K-9. Education Inquiry, 11(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/20004508.2019.1627844

Ramadhani, N. R. (2020). Designing Interaction and User Interface of Computational Thinking Digital Game using User- Centered Design Approach, (September).

Reigeluth, C. M. (2014). In search of a better way to organize instruction : The elabortion theory ( 05 ), (May). https://doi.org/10.1007/BF02984374

Reigeluth, C. M. (2016). Classes of instructional variables ( 7 ), (March 1980).

Reigeluth, C. M., Empowerment, T., & Choice, S. (2014). What is Instructional Design Theory and How Is it Changing? (93), (March).

Wagner, T. (2008). Educational Leadership, 66(2).

Yasin, M. (2020). COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR-DASAR COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR - DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER akan membantu mereka menghadapi tuntutan kehidupan abad ke - 21 dengan lebih baik ., (April), 0–11.

Zahratul Fitri, E. U. (2021). Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kuriikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif Penerapan Metode Computational Thinking Pada Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kurikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif kulum Aceh Untuk Me capai Kogniti "Mencip, 4(1), 60–73.


Article Metrics

Abstract view : 263 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.