Pengembangan Sistem Penilaian Seminar Mahasiswa Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro

Ruslan Ruslan(1*), Edi Suhardi Rahman(2), Lu’mu Taris(3), Dyah Vitalocca(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi penilaian seminar pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. System ini terdiri dari tigas user yaitu admin, mahasiswa dan dosen. Penelitian ini dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar dengan waktu penelitian 7 (tujuh) bulan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode Waterfall yang meliputi proses analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian aplikasi. Produk penelitian ini adalah sebuah sistem informasi yang mampu mengelola Seminar mahasiswa baik itu seminar proposal, hasil penelitian dan ujian skripsi. Selain itu sistem informasi ini mampu memberikan informamsi kepada dosen, mashasiswa dan pengelola Jurusan Pendidikan Teknik Elektro yang berkaitan dengan penjadwalan seminar baik melalui website maupun melalui aplikasi telegram. Aplikasi ini mampu  untuk mengefektifkan proses seminar dikarenakan semua dokumen seminar telah ada di dalam sistem dan di seleksi berdasarkan pembimbing dan penguji seminar dan telah dipilah-pilah berdasarkan jenis kegiatannya seminar yang akan dilaksanakan. Hasil uji menunjukkan bahwa sistem informasi penilaian seminar ini berfungsi dengan baik. Sistem mampu memberikan informasi pada dosen, mahasiswa dan pengelola jurusan tentang jadwal seminar, nilai dan berkas seminar yang dibutuhkan dalam pelaksanaa seminar.

Kata Kunci: Pengembangan, Seminar, Sistem Informasi


Full Text:

PDF

References


Bassil, Y. (2012). A simulation model for the waterfall software development life cycle. ArXiv Preprint ArXiv:1205.6904.

David, A. B. (2011). Mobile Aplication Testing (Best Practices to Ensure Quality). AMDOCS. Retrieved May, 25, 2014.

Jayanto, R. D. (2017). Evaluasi Kualitas Aplikasi Mobile Kamus Istilah Jaringan Pada Platform Android dengan Standar ISO/IEC 25010. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 178–182.

Noviana, E., Kurniaman, O., & Huda, M. N. (2018). Pengembangan aplikasi bimbingan tugas akhir mahasiswa berbasis website pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 1–12.

Rahman, E. S., & Vitalocca, D. (2019). Analisis Usabilitas Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi Smk Negeri 3 Makassar. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 5(1), 16–22.

Riduwan, & Akdon. (2008). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Royce, W. W. (2012). Managing the Development of Large Software Systems 1970. Proceedings, IEEE WESCON, 1–9.

Sari, T. N. (2016). Analisis kualitas dan pengembangan sistem informasi akademik berbasis web menggunakan standard iso 9126. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 1(1).

Setiawan, H., & Khairuzzaman, M. Q. (2017). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek: Sistem Informasi Kontraktor. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2).

Yusup, F. (2018a). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Yusup, F. (2018b). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.