Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Sekolah Dasar

Syamsurijal Basri(1*), Andi Nurochmah(2), Syamsu K(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru Sekolah Dasar. Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pelakasanaan Pengambangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru sekolah dasar yang terdiri dari pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif dilaksanakan melalui beberapa strategi. Strategi pengembangan diri dilaksanakan melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), dan diklat secara mandiri dan terprogram yang diselenggarakan oleh Lembaga penyelenggara diklat, Strategi Publikasi ilmiah dilakukan dengan melakukan pendampingan melalui forum Kelompok Kerja Guru (KKG),  pendampingan dilakukan untuk menghasilkan penelitian dan makalah, penelitian ini dapat berupa Penelitian Tindakan Kelas. Strategi Karya inovatif berupa pelatihan pembuatan alat peraga dan pembuatan video pembelajaran melalui Kelompok kerja Guru (KKG) dengan cara mengundang guru-guru dan Narasumber yang ahli  dibidang pembuatan Vidio Pembelajaran.

 

Kata Kunci: Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

 


Full Text:

PDF

References


Hadijaya, Y., 2013. Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidikan Efektif. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Jl. Sosro No. 16-A Medan.

Haryati, S. (2021). Srategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Transformasi dan Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Kusnandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Maksum. (2015). Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Kelas SD Negeri 2 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Moleong, J. . (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2020). Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).

Sau’ud, U.S., 2013. Inovasi Pendidikan. Alvabeta, CV, Jl. Gegerkalong Hilir No.84 Bandung

Suyanto, & Jihad, A. (2018). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Esensi Erlangga Group.

Tatang M, A. (2010). Manajemen Pendidikan. UNY Press.

Waryono. (2018). Menjadi Guru Profesional melalui Penyusunan Karya Inovatif. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(3).


Article Metrics

Abstract view : 267 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.