Link and Match Kurikulum SMK Bidang TIK dengan DUDIKA di Sulawesi Selatan

Muhammad Yahya(1*), Dyah Vitalocca(2), Nurul Mukhlisah Abdal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Filosofi dan prinsip dari pengembangan pendidikan vokasi adalah adanya link and match antara institusi penyelenggara pendidikan vokasi salah satunya adalah SMK dengan mitra vokasi yaitu DUDIKA. Data Pokok Pendidik (DAPODIK) tahun 2020 terdapat 7.845 bentuk kerja sama antara 2.482 SMK dengan 3.602 perusahaan menunjukan sudah baiknya link antara SMK dengan DUDIKA. Kenyataannya berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pengangguran terbuka menurut tingkat pendidikan yang lulus SMK tahun 2021 masih tinggi yaitu 2.089.137 orang meskipun yang tertinggi adalah SMA sebanyak 2.305.093. Perkembangan Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak untuk perkembangan bidang TIK. Berdasarkan permasalahan maka diajukan pertanyaan dan tujuan untuk mengetahui seberapa besar link and match berdasarkan aspek pembelajaran berbasis proyek riil dari DUDIKA, Metode penelitian adalah analistis deskriptif melalui pengumpulan data melalui instrumen yang dibuat berbasis web. Data akan dianalisis melalui uji koresaional, dan analisis univarian. Output yang diharapkan adalah hasil analisis link and match aspek kurikulum berstandar DUDIKA. Outcome yang diharapkan adalah rekomendasi untuk pengembangan model kurikulum berstandar dan sesuai kebutuhan DUDIKA dan perkembangan Revolusi Industri 4.0 untuk bidang TIK.

Kata Kunci: Link and match, Kurikulum SMK, DUDIKA


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Emzir, P. (n.d.). Dr. M. Pd,. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah, A. (2019). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Batu: Literasi Nusantara.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Ayu Fitri Ela, T. S. (2021). Optimalisasi Bursa Kerja Khusus Dalam Menyalurkan Lulusan SMK Pada Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).

Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan, 231–242.

Irwanto. (2021). Link and Match Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri di Indonesia, 2(2).

Johan Bintoro Arif, PH Slamet, W. (2019). Evaluation of Education Implementation of Link and Match System of the Industrial and Vocational School in Yogyakarta Province, 7(2), 216–222.

Melvin, D. M. (1984). Principles and a Philosphy for Vocational Education.

Tamrin, A G, PH Slamet, S. (2018). The Link and Match of The Demand and Supply for Productive Vocational School Teachers With Regard to Spectrum of Vocational Skills in the Perspective of Education Decentralization, 8(1), 40–52.


Article Metrics

Abstract view : 304 times | PDF view : 591 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.