Perbedaan Efikasi Diri Generasi Z dalam Mengambil Keputusan Karir

Abdullah Sinring(1*), Nur Fadhilah Umar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Efikas Diri dalam mengambil keputusan karir (Career Decision Self-Efficacy) adalah salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan karir seseorang di era digital 4.0. Efikasi dalam  pengambilan keputusan karir seseorang berkontribusi besar pada tujuan dan tindakan, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap keyakinan diri mereka mencapai tujuan karirnya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) bagaiamanakah gambaran efikasi diri generasi Z dalam mengambil keputusan karir (CDSE)?; 2) bagaimanakah pengaruh peran gender terhadap kemampuan generasi Z dalam pengambilan keputusan karir?; serta 3) aspek manakah yang paling berpengaruh terhadap efikasi diri generasi Z dalam mengambil keputusan karir generasi Z?. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang terdiri dari Sembilan fakultas yang terdaftar pada tahun akademik 2020/2021 yang berada pada tingkatan semester 5, 3 dan 1. Pengambilan sampel menggunakan metode proporsional stratified random sampling. Penentuan ukuran sampel menggunakan metode slovin. Ukuran sampel sebesar 274 mahasiswa. Sampel terdiri dari 174 mahasiswa perempuan dan 100 mahasiswa laki-laki. Range usia berada pada rentan 18-22 tahun. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket Career Decision Self Efficacy (CDSE) dari Presti yang telah diadaptasi dan diuji menggunakan confirmatory factor analysis (CFA) dengan nilai Cronbach alpha = 0.071; RMSEA = 0.0621; CFI= 0,93; GFI= 0.982; CMIN/DF = 2753.63/1648; dan TLI= 0.91.  Teknik analisis data pada penelitian menggunakan uji analysis multivariate (ANOVA) dengan bantuan aplikasi JASP for windows, dan uji lanjut menggunakan Least of Significance difference (LSD). Gambaran efikasi diri generasi Z  dalam mengambil keputusan karir berada pada kategori tinggi. Terdapat dua aspek yang paling berpengaruh terhadap efikasi diri generasi Z dalam keputusan karir yaitu self-appraisals (penilaian diri) dan goal setting (mensetting tujuan karir). Aspek Self- appraisals berpengaruh terhadap efikasi diri karir mahasiswa perempuan, sedangkan goal setting lebih berpengaruh pada efikasi diri karir pada mahasiswa laki-laki.

 

Kata Kunci: Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Aryani, F., & Umar, N. (2020). Factors Affecting Z Generation on Selecting Majors in The University: an Indonesian Case. Journal of Social Studies Education Research, 11(3), 109–133.

Aryani, F., Umar, N. F., & Kasim, S. N. O. (2020). Psychological Well-Being of Students in Undergoing Online Learning during Pandemi Covid-19. International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).

Basri, S., & Umar, N. F. (2020). The Need Assesmen For Digital Career Planning Model Based On Multiple Intteligence (MI) Career Planning Skills Among Z Generation. International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).

Bencsik, A., Horváth-Csikós, G., & Juhász, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3).

Budiningsih, T. E., Himam, F., & MPsi, M. A. (2012). Pengambilan keputusan terhadap perencanaan karir ditinjau dari efikasi diri dan ketepatan pilihan karir pada remaja SMA Negeri Kodya Semarang. [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada.

Dewi, R. P. (2017). Hubungan Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 19(2), 87–99.

Dzielska, A., Mazur, J., Nałęcz, H., Oblacińska, A., & Fijałkowska, A. (2020). Importance of self-efficacy in eating behavior and physical activity change of overweight and non-overweight adolescent girls participating in healthy me: a lifestyle intervention with mobile technology. Nutrients, 12(7), 2128.

Falco, L. D., & Summers, J. J. (2019). Improving career decision self-efficacy and STEM self-efficacy in high school girls: Evaluation of an intervention. Journal of Career Development, 46(1), 62–76.

Garaika, G., Margahana, H. M., & Negara, S. T. (2019). Self efficacy, self personality and self confidence on entrepreneurial intention: study on young enterprises. Journal of Entrepreneurship Education, 22(1), 1–12.

Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (2000). Contextual supports and barriers to career choice: A social cognitive analysis. Journal of Counseling Psychology, 47(1), 36–49. https://doi.org/10.1037/0022-0167.47.1.36

Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (2002). Social cognitive career theory. Career Choice and Development, 4, 255–311.

Lent, R. W., Morris, T. R., Penn, L. T., & Ireland, G. W. (2019). Social–cognitive predictors of career exploration and decision-making: Longitudinal test of the career self-management model. Journal of Counseling Psychology, 66(2), 184.

Pandang, A., Hajati, K., & Aswad, M. (2019). Career self-efficacy of Indonesian middle school students (a case study of middle school in South Sulawesi, Makassar). International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 32–36.

Pandang, A., & Umar, N. F. (2021). The Need Analysis of Peer Counseling Program to Enhance Self-Efficacy to be a Counsellor. International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).

Patton, W., Bartrum, D. A., & Creed, P. A. (2004). Gender Differences for Optimism, Self-esteem, Expectations and Goals in Predicting Career Planning and Exploration in Adolescents. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 4(2–3), 193–209. https://doi.org/10.1007/s10775-005-1745-z

Presti, A. Lo, Pace, F., Mondo, M., Nota, L., Casarubia, P., Ferrari, L., & Betz, N. E. (2013). An Examination of the Structure of the Career Decision Self-Efficacy Scale (Short Form) Among Italian High School Students. Journal of Career Assessment, 21(2), 337–347. https://doi.org/10.1177/1069072712471506

Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 1117–1125.

Ryan, T. P. (2013). Sample size determination and power. John Wiley & Sons.

Santilli, S., Nota, L., & Hartung, P. J. (2019). Efficacy of a group career construction intervention with early adolescent youth. Journal of Vocational Behavior, 111, 49–58.

Santos, A., Wang, W., & Lewis, J. (2018). Emotional intelligence and career decision-making difficulties: The mediating role of career decision self-efficacy. Journal of Vocational Behavior, 107, 295–309.

Saputra, V. T. (2020). PENGARUH CAREER MANAGEMENT COMPETENCIES, GRIT, PERSEPSI AKAN FAKULTAS, TENAGA PENGAJAR, DAN PASAR TENAGA KERJA TERHADAP SELF-PERCEIVED EMPLOYABILITY MAHASISWA TINGKAT AKHIR DAN FRESH GRADUATE SARJANA (S-1) DI SURABAYA. Agora, 8(2).

Zander, L., Höhne, E., Harms, S., Pfost, M., & Hornsey, M. J. (2020). When grades are high but self-efficacy is low: Unpacking the confidence gap between girls and boys in mathematics. Frontiers in Psychology, 11, 2492.

Zhang, Y. C., Zhou, N., Cao, H., Liang, Y., Yu, S., Li, J., Deng, L., Sun, R., Wu, Q., & Li, P. (2019). Career-Specific Parenting Practices and Career Decision-Making Self-Efficacy Among Chinese Adolescents: The Interactive Effects of Parenting Practices and the Mediating Role of Autonomy. Frontiers in Psychology, 10, 363.


Article Metrics

Abstract view : 1020 times | PDF view : 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.