Efektivitas Model Pembelajaran PPG dalam Menghasilkan Guru Profesional yang Berkarakter

Darmawang Darmawang(1), Bakhrani Bakhrani(2), Ahmad Zaki(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Jenis penelitian yang digunakan mix methods yaitu gabungan metode penelitian pengembangan (research & development), penelitian eksperimen, dan penelitian deskripsi. Lokasi penelitian dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian diperoleh (1) hasil pengembangan model pembelajaran PPG yang berkarakter memenuhi kriteria valid, praktis, efektif, baik dan berkualitas; (2) nilai hasil tes ujian komprehensif penguasaan kompetensi pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian kelompok eksperimen diperoleh hasil yang sangat baik pada kategori amat baik; (3) nilai hasil tes ujian komprehensif penguasaan kompetensi pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian kelompok kontrol diperoleh hasil yang baik pada kategori baik; (4) hasil pengembangan model pembelajaran PPG yang berkarakter setelah dilakukan implementasi dalam pembelajaran mahasiswa PPG diperoleh hasil yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran PPG di LPTK; dan (5) respon peserta mahasiswa PPG terhadap hasil model pengembangan model pembelajaran PPG yang berkarakter sangat baik dalam implementasi pembelajaran praktek PPL disekolah

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran PPG, Guru Profesional

Full Text:

PDF

References


Paull Eggen Don Kauchak, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Jakarta: PT. Indeks.

Arends, R. I. 2001. Learning to Teach. Fifth Edition. Singapore: McGraw-Hill Higher Education.

Shambaugh, J., Nunn, R., & Portman, B. (2017). Lessons from the Rise of Women’s Labor Force Participation in Japan.

Rather, A.R. 2006. Psychology of Learning and Development. New Delhi: Discovery Publishing

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, C. 2009. Models of Teaching. Eighth Edition. Boston: Allyn & Bacon.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Joyce, B dan Weil, M. 1992. Models of Teaching. London: Prentice-Hall, Inc.


Article Metrics

Abstract view : 282 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.