Dampak Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Bagi Pembedayaan Perempuan

Mahmudah Mahmudah(1*), Bakhrani A. Rauf(2), Slamet Widodo(3),

(1) Universita Negeri Makassar
(2) Universita Negeri Makassar
(3) Universita Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini telah dilakukan kepada  Ibu-Ibu Kelompok PKK Desa Moncongloe Bulu, Kecamatan Moncongloe Bulu, Kabupaten Maros untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pemanfatan sumber daya alam yang melimpah mulai dari cara mengolah, cara mengemas, sampai dengan cara memasarkan kripik ubi kayu baik secara daring maupun secara luring. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta pelatihan yang terdiri atas 25 orang dari kelompok Ibu-ibu PKK sangat antusias dan kompak. Antusias mereka dibuktikan dengan keceriaan, kedisiplinan saat mengikuti kegiatan dengan menyiapkan alat tulis,  mengenakan protokol kesehatan yang telah disediakan oleh Tim Pengabdi, dan melakukan tanya jawab. Adapun kekompakan dibuktikan dengan adanya kerja kelompok saat praktik mulai dari pemilihan ubi kayu, cara mengupas, cara menggoreng, mengemas sampai kepada teknik pemasarannya yang dilakukan secara berkelompok. Di akhir pelatihan mereka melakukan rencana tindak lanjut dengan menjadikan pembuatan kripik ubi sebagai program kerja yang disinergikan dengan program kerja BUMDes Sehati. Kegiatan ini minimal memiliki tiga dampak, yaitu: dampak lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Kata Kunci: Pemanfaatan, Ubi Kayu, Dampak Lingkungan, Ekonomi, Dan Sosial

 


Full Text:

PDF

References


Aprizalmi, R, dkk. (2021). Analisis Nilai Tambah Kerupuk Ubi Kayu pada Industri Rumah Tangga di Desa Sukaping Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Green Swarnadwipa. 10(2), 285. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/GREEN/article/view/1343.

Astuti, Yati, Lestari, Sri. (2017). Analisa Usahatani Produk Olahan Pangan Lokal Berbasis Ubikayu pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar Provinsi Banten Mendukung Ketahanan Pangan. Prosiding Seminar Nasional Agroinovasi Spesifik Lokasi untuk Ketahanan Pangan pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Banten: Oktober 2017,

http://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/7262.

Karwati, L. (2017). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Potensi Alam Setempat. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS, 12(1), 46. https://media.neliti.com/media/publications/259938- pemberdayaan-perempuan-melalui-pembelajaran-5d1ad68b.pdf.

Kurniawanto, Hadi dan Anggraini, Yusniah. (2019). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pembelajaran Pengolahan Ubi kayu Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Kewirausahaan di Dukuh Tanggungrejo Desa Karang Patihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 3(2), 129.

https://ejournal.bappeda.bantenprov.go.id/index.php/jkpd/article/view/71/ 39.

Resmawa, I, N. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Memasarkan Produk Cemilan Kerupuk Ubi kayu Samiler “Samijali” Di Ukm Eks Lokalisasi Dolly. Ikraith Humaniora. 1(2), 68. https://journals.upi- yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/153.

Sari, dkk. (2020). Analisis Pendapatan, Persepsi, Dan Minat Petani Dalam Berusahatani Ubi Kayu Di Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Jurnal ilmu ilmu agribisnis, 8(3), 474.

https://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JIA/article/view/4446.

Sari, Kemala dan Putri. (2019). Analisis Nilai Tambah Produk Olahan Ubi Kayu di Kota Payakumbuh. Journal of Food System and Agribusiness, 3(1), 9. http://dx.doi.org/10.25181/jofsa.v3i1.1433.

Yulius, dkk. (2021). Diversifikasi Olahan Ubi Kayu sebagai Potensi Desa Sidomulyo dan Penanaman Ubi Kayu dengan Metode Tumpang Sari. Jurnal Atm Inovasia (JAI), 1(1) 8.

Visnhu, Galih. 2021 Diversifikasi Olahan Ubi Kayu sebagai Potensi Desa Sidomulyo dan Penanaman Ubi Kayu dengan Metode Tumpang Sari, https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jai/article/view/3905


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.