Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Air Bersih di Kecamatan Camba Kabupaten Maros

Firdaus Daud(1*), Arifa Novia Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengetahuan air bersih, 2) Sikap terhadap air bersih, 3) Pengelolaan air bersih, 4) Hubungan pengetahuan dan sikap dengan pengelolaan air bersih, 5) Hubungan pengetahuandengan pengelolaan air bersih, 6) Hubungan sikap dengan pengelolaan air bersih masyarakat Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian ex-pos facto. Bila Mengkaji hubungan kausal antar variabel, maka jenis ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang bermukim di Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Penentuan sampel dengan menggunakan tabel Issac and   Michael dengan taraf kesalahan 5% maka diperoleh sampel penelitian 143 KK. Hasil penelitian penelitian menunjukkan: 1) Pengetahuan air bersih masyarakat  pada kategori rendah, 2) Sikap terhadap air bersih masyarakat berada pada kategori netral, 3) Pengelolaan air bersih masyarakat berada pada kategori kurang baik, 4) Pengetahuan air bersih masyarakat memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan pengelolaan air bersih, 5) Sikap terhadap air bersih masyarakat memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan pengelolaan air bersih, 6) Pengetahuan dan sikap terhadap air bersih masyarakat memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap pengelolaan air bersih Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan peneliti yaitu sebagai berikut :1) Diharapkan bagi Pemerintah, khusus pemerintah Kabupaten Maros untuk meningkatkan pengetahuan air bersih melalui pendidikan dan pelatihan-pelatihan baik pada tingkat kabupaten maupun pada tingkat kecamatan, 2) Dinas Kesehatan untuk senantiasa melakukan penyuluhan langsung kemasyarakat untuk meningkatkan pengetahuan sanitasi lingkungan dan air bersih, 3) Diharapkan kepa da masyarakat di Kecamatan Camba untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan  sanitasi lingkungan dan air bersih. 4) Peneliti lain yang ingin melakukan peneliti lebih mengembangkan penelitian ini dengan objek penelitian yang luas dan menggunakan jenis penelitian yang berbeda

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Partisipasi Masyarakat, Air Bersih


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Murniati, K., & Yuwono, S. B. 2017. Analisis Manfaat Ekonomi Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarkat di Kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman, Provinsi Lampung.

Adji, R. (2020). Pengadaan sumur resapan sebagai salah satu usaha konservasi air tanah di kampung babakan cikeruh cimekar cileunyi bandung. Journal of Environmental Engineering and Waste Management, 5(2), 113-135.

Adnyana, I. B. P., Dharma, I. G. B. S., & Arta, I. M. D. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pengelolaan Penyediaan Air Bersih Perdesaan di Desa Bukian Gianyar. Jurnal Spektran, 7(1).

Afriana, P., & Rachmalia. (2016). Pengolahan Air Minum Dengan Masalah Kesehatan Terkait Penggunaan Air Minum Di Aceh Besar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 1–6.

Natsir, M. F., Selomo, M., & Asfar, M. (2019). Pelatihan Pengolahan Air Dalam Mengatasi Krisis Air Bersih. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 253-258.

Nike, K. D. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Hasil Penerima Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Di Kabupaten Tanah Datar (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Noga, J., & Wolbring, G. (2013). Perceptions of water ownership, water management, and the responsibility of providing clean water. Water, 5(4), 1865-1889.

Ririn, D. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Partisipasi Masyarakat Dengan Pemeliharaan Sarana Air Bersih Di Kota Pariaman Tahun 2012 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Rohendi, A., & Nur, C. M. (2019). Peran Perempuan dalam Konservasi Air Rumah Tangga. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 73-88.

Rohmah, S. N. (2017). Judul: Konsep Kebersihan Lingkungan Dalam Prespektif Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Rokhmah, D. (2020). Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sanitasi Lingkungan Pemukiman di Perkebunan Kopi Kabupaten Jember.

Rusdi, R., Sidi, T. P., & Pratama, R. (2014). Pengaruh Konsentrasi dan Waktu Pengendapan Biji Kelor Terhadap pH, Kekeruhan dan Warna Air Waduk Krenceng. Jurnal Integrasi Proses, 5(1).

Sallata, M. K. (2015). Konservasi dan pengelolaan sumber daya air berdasarkan keberadaannya sebagai sumber daya alam. Buletin Eboni, 12(1), 75-86.

Sinulingga, L. 2019. Pengetahuan sikap dan tindakan masyarakat tentang penyediaan air bersih di desa sukarame kecamatan munte kabupaten karo tahun 2019. Karya Tulis Ilmiah. Poltekkes Medan

Suriasumantri, J. 2007. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suryani, A. S. (2016). Persepsi Masyarakat dalam Pemanfaatan Air Bersih (Studi Kasus Masyarakat Pinggir Sungai di Palembang). Jurnal Aspirasi, 7(1).

Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal Region, 1(3), 1-19.

Souisa, G. V., & Janwarin, L. M. Y. (2018). Kualitas Sumur Gali di Dusun Wahakaim. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 2(4), 612-621.

Syahrani, S., Legono, D., & Nurrochmad, F. (2004). Analisis Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Air Bersih (the Analysis of Community Roles in Potable Water Management). Jurnal Manusia dan Lingkungan, 11(2), 86-95.

Syuhada, F. A., Pulungan, A. N., Sutiani, A., Nasution, H. I., & Sihombing, J. L. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam Pengolahan Air Bersih di Desa Sukajadi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 1-10.


Article Metrics

Abstract view : 524 times | PDF view : 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.