Model Project Based Learning dalam Setting Pembelajaran Daring Pada Pebelajar Orang Dewasa (Studi Pada Program Kesetaraan Satuan Pendidikan Nonformal)

Kartini Marzuki(1*), Suardi Suardi(2), Nasrah Natsir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini akan mengkaji pelaksanaan model pembelajaran Project Based learning (PjBL) dalam setting pembelajaran daring bagi peserta didik orang dewasa. Hal ini berangkat dari permasalahan di masa pandemi yang menuntut pembelajaran tetap berlangsung namun disisi lain warga belajar dihimbau untuk tidak melaksanakan pembelajaran secara tatap muka langsung. Progrsam kesetaraan Paket C merupakan program pendidikan nonformal dimana peseerta belajarnya terdiri dari orang dewasa pekerja. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dianggap sangat tepat bagi karakteristik pebelajar dewasa adalah model based learning. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif. Penelitian di laksanakan di satuan pendidikan nonformal sanggar kegiatan belajar (SKB) Sawerigading pada program kesetaraan. Informan penelitian adalah kepala SKB, tutor dan 3 orang warga belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan prject based learning pada pebelajar orang dewasa di program kesetaraan dideskripsikan sebagai berikut: 1)Membuka pelajaran dengan suatu pertanyaan pada kategori rendah karena tutor belum menyampaikan pertanyaan menantang, 2) Merencanakan proyek pada kategori tinggi karena perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara pendidik dengan peserta didik dan  berisi tentang aturan main, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung untuk menyelesaikan proyek. 3)Mengawasi jalannya proyek mash pada kategori rendah karena  projek yang dilaksanakan di rumah tidak dapat dimonitor secara maksimal dengan memanfaatkan aopliasi daring. 4) Penilaian terhadap produk yang dihasilkan pada kategori sedang. Karena telah dilaksanakan namun belum memiliki instrumen yang valid.

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Pembelajaran Daring, Pebelajar Orang Dewasa

Full Text:

PDF

References


Amanda, N. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Self-Efficacy Peserta didik. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Amir, T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media.

Bandura, A. (1994). Self-Efficacy. Encyclopedia of Human Behavior, 4, 1-15.

Basrowi, & Soenyono. (2007). Metode Analisis Data Sosial. Kediri: CV. Jenggala Pustaka Umum.

Birkenholz Roberts L, Bryan L. Garton, Steven R. Harbstreit, W. Wade Miller, 2009 Effective Adult Learning. Interstate Publishers,

Dhull, I., & Sakshi.(2017). Online Learning. International Education & Research Journal, 3(8), 32-34.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta'dib, 8, 117-140.

Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, 210-219.

Hidayah, A., & Lisdawati, S. (2014). Pengaruh Metode Improve terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Pada Konsep Bangun Ruang Di Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan , 279-286.

Knowles Malcolm, Caffrella, Rosemary (2002). Planning Programs for Adult Learners: A Proctical Guide for Educators, Willey


Article Metrics

Abstract view : 332 times | PDF view : 1191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.