Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, Evaluate) Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Matematika

Djadir Djadir(1*), Hamzah Upu(2), Hasmullah Hasmullah(3), Alif Rezky(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) (Engage, Explore, Explain, Elaboration, Evaluate) yang diterapkan berbasis daring untuk dapat mengetahui dengan signifikan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran tersebut. Model pembelajaran ini memiliki tahapan yang terstruktur dan jelas sehingga siswa dan guru akan mengikuti setiap proses tahapan sesuai yang telah dirancangkan. Model Pembelajaran ini diharapkan memberikan penggambaran terhadap hasil belajar, aktifitas, keterlaksanaan, dan respon Siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) berbasis daring. Jenis penelitian ini ialah eksperimental semu. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) berbasis daring. Penelitian akan dilakukan di Kelas VIII SMP Kartika XX-1 Makassar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini mengambil 2 kelas sebagai sampel penelitian di Kelas VIII SMP Kartika XX-1 Makassar. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik Random Cluster Sampling. Kriteria yang digunakan sebagai efektivitas Model Pembelajaran tentang Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E)  berbasis daring dalam pembelajaran matematika ini meliputi hasil Belajar, Aktivitas, Respons, dan keterlaksanaan pembelajaran. Adapun hasil penelitian menunjukkan: 1) Aktivitas siswa kelas VIII SMP Kartika XX-1 Makassar selama mengikuti pembelajaran matematika mengggunakan model Learning Cycle 5E (LC 5E) berbasis daring berada pada kategori sangat aktif. 2) Respons siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model Learning Cycle 5E (LC 5E) berbasis daring  berada pada kategori positif, dan 3) Hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Learning Cycle 5E (LC 5E) berbasis daring, dari 28 siswa terdapat 1 siswa berada pada kategori sedang, 10 siswa berada pada kategori tinggi, 7 siswa berada pada kategori sangat tinggi dan mencapai ketuntasan klasikal serta menunjukkan terdapat peningkatan signifikan. Hasil penelitian disimpulkan  bahwa model Learning Cycle 5E (LC 5E) berbasis daring  efektif untuk keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, respons siswa, ketercapaian KKM, peningkatan hasil belajar (N-Gain), dan ketuntasan klasikal siswa.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran, Learning Cycle 5E

Full Text:

PDF

References


Abdi, A. (2014). The Effect of Inquiry-based Learning Method on Students Academic Achiavement in Science Course. Universal Journal of Educational Research, 37-41.

Agustiani, N., 2010. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Andayannhi, Sri. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar. Universitas Riau

Asmuni, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Aktifitas dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Selong. Jurnal Paedagogy, 7(3). doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2743.

Astutik, Sri., 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbasis Eksperimen pada Pembelajaran Sains di SDN Patrang 1 Jember. Universitas Jember (Jurnal)2085-7519.

Balci, S., Cakiroglu, J., & Tekkaya, C. (2006). Engagement, Eksploration, Eksplanation, Extension dan Evaluation (5e) Learning Cycle and conceptual change text as learning tolls. Biochemistry and Molecular Biology Education, 34 (3), 99-102.

Cece, Wijaya., 1991, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Dimyanti dan Mudjiono , Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3, 2006).

Dinda Pratiwi, Dona., 2016. Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. 7(2) 191-202.

Duma’, S.Y., 2015. Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dan Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament dengan memperhatikan Gaya Kognitif dan kemampuan awal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao (Tesis). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Evayanti, Desi. 2021. Januari. Efektifitas Pembelajaran Melalui Metode Daring (Online) dalam Masa Darurat Covid-19.

Himmele, P. & Himmele, W. (2011). Total Participation Techniques: Making Every Student an Active Learner. United States of America : ASCD.

Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara, Jakarta.

Mardianto, Psikologi Pendidikan, (Medan : Perdana Publishing, 2012), h. 39-40.

Madu, B.C., & Amaechi, C.C. (2012). Effect of – Step Learning Cycle Model on Student Understanding of Concepts Related To Elasticity. Journal of Education and Practice, 3(9), 173-181.

Muhammad Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010), h.5.

Matthew H. Olson, Theories Of Learning, Terjemahan oleh Triwibowo dengan Judul Teori Belajar, (Jakarta: Kencana, 2009) h. 311.

Uno, H., 2010. Model Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.

Uno, H., Murdin, M., 2014. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Bumi Aksara, Jakarta.

Prihandika, Aditya., 2017. Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran REACT dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E siswa SMK Negeri 39 Jakarta. Unswagati Cirebon. JNPM 2549-8495.

Roger W, Bybee dkk. 2006. The BSCS 5E Instructional Model : Origins and Effectiveness . www. bscs. org.

Riningsih. 2016. Kemampuan Guru. UMP.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h.3.

Sumadi Surya Subrata, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada: 1995) h. 249.

Suprijono, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, ed.3, cet.4, 2007), h. 208 & 121.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara, Jakarta.

Trianto. 2007. Model-model Inovatif Berorientasi Kontruvistik. Prestasi Pusat, Jakarta.

Trygonometry on Student’s Academic Aschievement and The Permanence of Their Knowledge. International Journal in Educationand Their Implications,4.

Tuna, A. & Kacar, A. (2013) The Effect of 5E Learning Cycle Model in Teaching Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 1178 times | PDF view : 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.