Pengembangan Materi Ajar Model Survival untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Negeri Makassar

Iskandar Iskandar(1*), Andi Anto Patak(2), Abdul Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)  saat ini lagi tren, baik di Indonesia maupun di mancanegara. Pembelajaran BIPA ini dimaksudkan guna memperkenalkan bahasa Indonesia kepada para penutur asing  untuk berbagai kepentingan, baik pengajaran maupun komunikasi praktis. Berbagai lembaga telah didirikan untuk mengorganisasi pelaksanaan pembelajaran BIPA, namun sampai saat ini belum ada kurikulum yang standar yang dapat dijadikan acuan pembelajarannya. Unit Pelaksana Teknis Bahasa Universitas Negeri Makassar, sebagai salah satu lembaga penyelenggara pembelajaran BIPA memiliki kurikulum sendiri yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pengajar dan pembelajar BIPA di unit tersebut. Salah satu program yang dijalankan oleh unit tersebut adalah program BIPA Surival, yakni program pembelajaran BIPA jangka pendek yang ditujukan kepada para penutur asing yang datang berkunjung ke Makassar untuk tujuan non akademik, semisal turis yang datang melancong. Namun karena program ini relatif baru diluncurkan, ketersediaan materi ajar untuk program ini boleh dikatakan belum sesuai dengan karakteristik pembelajar yang hanya membutuhkan belajar bahasa Indonesia untuk kepentingan survival. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar  yang sesuai dengan kebutuham yang dimaksud di atas. Penelitian ini dalah penelitian tipe Research and Development (R&D) dan menerapkan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar yang sangat dibutuhkan oleh para pembelajar BIPA program Survival adalah materi-materi yang berkenaan dengan perkenalan diri, kuliner khas Sulawesi Selatan/Makassar, moda transportasi, akomodasi, kehidupan bertetangga, belanja ke pasar tradisional, dan adat-istiadat. Materi-materi ini didesain untuk dibelajarkan dalam bentuk one-to-one tutorial.

Kata Kunci:Pembelajaran BIPA, Program Survival, Materi Ajar


Full Text:

PDF

References


Koran Sindo, Edisi 15 Mei 2017.

Suyitno, Imam. Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA Berdasarkan Tujuan Belajar Pelajar Asing. Pidato Pengukuhan Guru Besar. 2005.

Amanto, Richard. Students English Language Ability with Bilingual Learning. Journal of Sowing Education, Vol 2 No. 3. 2007.

Defina. Analisis Kebutuhan Terhadap Teks -Teks Bermuatan Karakter Bangsa dalam Materi Ajar Bahasa Indonesia. Komposisi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Seni ,160-178. 2018.

Nurjannah. Analisa Kebutuhan Sebagai Konsep Dasar dalam Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di MAN Curup. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 52. 2018

Alwi, Hasan. ‘Kebijakan Pengajaran BIPA’ dalam A. Chaedar Alwasilah (ed.). Prosiding Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing III. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia dan Pusat Bahasa. 2000.

Alimatussa’diyah. Pengimpelementasian Nilai-Nilai Budaya Dalam Bahan Ajar BIPA. Prosiding, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Hal. 46. Alimatussa”diyah. 2016. Pengimpelementasian Nilai-Nilai Budaya Dalam Bahan Ajar BIPA. Prosiding, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Hal. 46. 2016.

Kertamuda, Fatchiah. Konselor dan Kesadaran Budaya (Cultural Awerness). https://bkpemula.files.wordpress.com/2011/12/07. Diakses 20 Maret 2020. 2011.

Quappe, Stephanie and Giovanna Cantatore.. What is Cultural Awareness, anyway? How do I build it?. http://www.culturosity.com . Diakses 25 Maret 2020. 2005

Koentjaraningrat. Metode Penelitian Masyarakat. PT. Gramedia. Jakarta. 2008.

Yusuf, Y.Q. “A Pragmatics Analysis of a Teacher’s Code- Switching in a Bilingual Classroom” The Linguistics Journal. (http://www.linguisticsjournal.com). Vol.4, issue 2, 2009.

Gall, M.D., Gall, J.P., dan Borg, W.R. (2003). Educational Research: An Introduction (7th edition). New York: Longman, Inc.


Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.