Pengaruh Model Pembelajaran Differentiated Science Inquiry terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik

Pince Salempa(1*), Muhammad Danial(2), Mohammad Wijaya(3), Army Auliah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan ada tidaknya pengaruh model differentiated science inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 7 Jeneponto pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur khususnya pada topik bahasan konfigurasi elektron dan bagaimanakah pengaruh model tersebut terhadap hasil belajar peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil analisis deskripsi diperoleh bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 83,33 dan 73,067 dengan standar deviasi masing-masing sebesar 5,86 dan 11,55. Ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 100% sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 66,67%. Perbedaan nilai kategori N-Gain juga terjadi dimana kelas eksperimen berkategori tinggi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,763 sedangkan kelas kontrol berkategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,597. Perbedaan nilai N-Gain pada tiap tingkatan inkuiri pun juga terjadi dimana peserta didik pada tingkat demonstrated inquiry, structured inquiry, dan guided inquiry masing-masing berata-rata sebesar 0,788; 0,753; dan 0,744. Pencapaian indikator kompetensi pada kelas eksperimen berkategori tuntas adalah sebesar 77,78% sedangkan kelas kontrol sebesar 11,11%.   Rata-rata hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model DSI lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran langsung. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Mann Whitney pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh signifikansi (0,000<0,05), menunjukkan hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model DSI terhadap hasil belajar peserta didik. 

Kata Kunci: Model Differentiated Science Inquiry; Hasil Belajar; Sistem dan Keperiodikan Unsur


Full Text:

PDF

References


Arlina, S. N. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi pada SMK St. Bonaventura 1 Madiun. 3.

Fuad, N. M. (2017). Pengaruh model pembelajaran differentiated science inquiry dipadu mind map terhadap hasil belajar kognitif ipa-biologi, ketrampilan berpikir kritis dan kreatid ditinjau dari gender pada siswa SMP Negeri Di Kabupaten Kediri. The Learning University. http://repository.um.ac.id/id/eprint/64661

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember : Pena Salsabilah.

Kemendikbud. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Menuju Kompetensi Abad 21. Dalam Risalah Kebijakan (p. 6). Pusat penelitian Kebijakan Kemendikbud.

Kristianti, L. W. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap kebiasaan belajar siswa dan hasil belajar Matematika materi statistika pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 [Skripsi, Universitas Sanata Sharma]. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/11432

Llewellyn, D. (2011). Differentiated science inquiry. California: Corwin Press.

Pedaste, M., dkk. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms (2nd ed). New York: Association for Supervision and Curriculum Development.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Ülger, B. B., & Çepni, S. (2020). Evaluating The Effect of Differentiated Inquiry-Based Science Lesson Modules on Gifted Students’ Scientific Process Skills. Pegem Eğitim ve Öğretim Dergisi, 10(4), 1289–1324. https://doi.org/10.14527/pegegog.2020.039

Utami, S. P., Ramlawati, & Wijaya, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kesetimbangan Kimia berbasis Model Pembelajaran Differentiated Science Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan hasil Belajar Peserta Didik [Tesis]. Program Pascasarjana UNM.

Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan MelaluiI Pembelajaran. Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan, Kalimantan Barat.

Zubaidah, S., dkk. (2017). Improving Creative Thinking Skills of Students through Differentiated Science Inquiry Integrated with Mind Map. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77–91. https://doi.org/10.12973/tused.10214a


Article Metrics

Abstract view : 407 times | PDF view : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.