Klasifikasi Kondisi Fisik Cabor Kriket Pada Atlet Sulawesi Selatan PON Papua 2021

Ichsani Ichsani(1*), Andi Atssam Mappanyukki(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini  bertujuan  untuk  memperoleh jawaban   atas permasalahan: apakah Bagaimana klasifikasi kondisi fisik cabor kriket pada atlet Sulawesi Selatan PON Papua 2021. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dan sampel adalah atlet Sulawesi Selatan PON Papua 2021, dipilih secara random sampling diperoleh sampel sebanyak 15 orang. Teknik analisis data yang digunakan Uji Deskriptif dengan menggunakan fasilitas computer melalui program SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis deskriktif menunjukkan bahwa Hasil analisis persentase analisis kondisi fisik atlet kriket PON Sulawesi Selatan meliputi daya tahan, kecepatan dan kekuatan memperoleh nilai daya tahan dengan menggunakan uji persentase menunjukkan hasil sebagai bahwa ada 9 atlet memiliki kriteria tinggi dengan nilai persentase 59.94%, dan ada 6 atlet memiliki kriteria bagus dengan nilai persentase 39.96%, kecepatan dengan menggunakan uji persentase menunjukkan hasil sebagai bahwa ada 11 atlet memiliki kriteria tinggi dengan nilai persentase 73.26%, dan ada 4 atlet memiliki kriteria baik dengan nilai persentase 26.64%, dan kekuatan dengan menggunakan uji persentase menunjukkan hasil sebagai bahwa ada 9 atlet memiliki kriteria Baik Sekali dengan nilai persentase 59.94%, dan ada 6 atlet memiliki kriteria Baik dengan nilai persentase 39.96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, kondisi fisik cabor kriket pada atlet Sulawesi Selatan PON Papua 2021 dalam  ketegori baik Sekali.

 

Kata Kunci: Physical Condition, Athlete, Cricket

Full Text:

PDF

References


Jolimont, Victoria. 2005. Australia Cricket Coach. Australia: 60 Jolimont Street.

Pont, Ian. 2010. Coaching Youth Cricket. United States Of America: Human Kinetics, Inc.

Purwoko, Sidiq. 2016. “Analisis Keterampilan Memukul Tim Cricket Putra DKI Jakarta pada Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional 2016 di Jawa Barat”. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.

Tangkudung, James. 2007. Semua tentang Cricket. Jakarta: PT. Tetra Pak Indonesia.

PCI Pusat. 2006. Pengantar Olahraga Cricket. Jakarta: Pengurus Cricket Indonesia.

Mahesar, M Rizky. 2018. “Pengaruh latihan Medicine ball dan Resistance band terhadap hasil lemparan fast bowling cricket pada atlet cricket Lampung”. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.

Merdela, Romi., Irawan, Roma. 2019. Validitas dan Reliabilitas Tes Batting Cabang Kriket “Drive Shoot Cricket Batting Test”. http://performa.ppj.unp.ac.id/index.php/kepel/article/view/56/110

Zakky.2020. Pengertian Analisis Menurut Para Ahli dan Secara Umum

https://www.zonareferensi.com/pengertian-analisis-menurut-para-ahli-dan-secara-umum/

Tsalis Annisa.2020.macam metode analisis data

https://www.ekrut.com/media/macam-macam-metode-analisis-data

dharmays,http://dharmays.blogspot.com/2018/11/gambar-gambar-perlemgkapan-olahraga.html


Article Metrics

Abstract view : 213 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.