Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan, Sikap Terhadap Lingkungan, dan Motivasi Memelihara Lingkungan Secara Berkelanjutan Bagi Petani Tegalan di Kabupaten Soppeng

Faizal Amir(1*), Muhammad Ardi(2), Bakhrani A Rauf(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengetahuan lingkungan hidup, sikap terhadap daerah pertanian tegalan, dan motivasi memelihara daerah pertanian tegalan petani tegalan sebelum dan sesudah diberi pelatihan tentang ekosistem daerah pertanian tegalan, cara berusaha tani pada daerah pertanian tegalan, dan pemeliharaan daerah pertanian tegalan di Kabupaten Soppeng, (2) pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan lingkungan hidup, sikap terhadap daerah pertanian tegalan, dan motivasi memelihara daerah pertanian tegalan petani tegalan di Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang berlokasi di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Sampel sebanyak 25 kepala keluarga petani, dipilih dengan metode purpossive sampling. Variabel yang diperhatikan adalah: (1) pengetahuan lingkungan hidup, (2) sikap terhadap pertanian tegalan,  (3) motivasi memelihara daerah pertanian tegalan, sebelum dan sesudah  pelatihan, dan (4)  pengaruh pelatihan terhadap peningkatan (a)  pengetahuan lingkungan hidup, (b) sikap terhadap pertanian tegalan dan (c) motivasi memelihara daerah pertanian tegalan. Desain eksperimen yang digunakan adalah One Group Pretest-postest Design. Analisis data yang digunakan adalah: analisis statistik deskriptif dan  analisis statistik inferensial. Model inferensial yang digunakan adalah Uji t dependent.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengetahuan lingkungan, sikap terhadap pertanian tegalan, dan motivasi memelihara daerah pertanian tegalan sebelum pelatihan berada pada kategoti rendah, sesudah pelatihan berada pada kategori tinggi, (2) pelatihan berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan: pengetahuan lingkungan, sikap terhadap pertanian tegalan, dan motivasi memelihara daerah pertanian tegalan sebelum petani tegalan di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Pengetahuan, Sikap, Petani, Tegalan

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang RI No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Chiras D. Daniel, (1991), Environmental Science: Action for a Sustainable Future. California: The Benyamin/Cummings Publishing Company, Inc.

Muhammad Ardi dan Faizal Amir. 2012. Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Petani dalam Berusaha Tani dan Melestarikan Lingkungan Hidup pada Beberapa Daerah Irigasi di Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Muhammad Ardi dan Faizal Amir. 2015. Pengetahuan dan Sikap Petani Berusahatani dan melestarikan lingkungan pada daerah pertanian basah, Daerha Pertanian Tegalan, dan Daerah Penyangga di Kabupaten Soppeng. Makassar: Lembaga Penelitian UNM.

Faizal Amir. 2018. Pengaruh pengetahuan lingkungan, pengetahuan ekosistem pertanian basah, sikap terhadap lingkungan, dan motivasi memelihara daeran irigasi terhadap perilaku petani memelihara Daerah Irigasi di Kabupaten Soppeng. Makassar: Lembaga Penelitian UNM.

Ahmadi. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Adnani H., 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Cetakan 1, Penerbit Nuha Medika, Yoyakarta.

Soerjani, M., Ahmad, R., & Munir. 2010. Lingkungan, Sumberdaya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Hanrahmawan, Fitroh. 2010. “Revitalisasi Manajemen Pelatihan Tenaga Kerja” (Studi Kasus pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar).Jurnal Administrasi Publik.

Friedman, Paul G. dan Elaine A.Y. 1985. Training Strategies: Form Start to Finish. New Jersey USA: Prentice Hall International, Inc.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media

Abdurachman, A. dan S. Sutono. 2005. TeknologiPengendalian Erosi Lahan Berlereng. hlm. 103−145. Dalam Teknologi Pengelolaan Lahan Kering: Menuju pertanian produktif dan ramah lingkungan. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat..

Asdak, C. 2002. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Faizal Amir, 2017. Pembinaan Petani Dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup Secara Berkelanjutan Pada Daerah Irigasi Teknis di Sulawesi Selatan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Faizal Amir, 2019. Pembinaan Petani Dalam Melakukan Diversifikasi Usaha Tani Secara Berkelanjutan Pada Daerah Irigasi Teknis di Sulawesi Selatan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Bloom, Benjamin S. 2001. A Taxonomi for Learning, Teaching and Assessment. New York: Longman.

Suriasumantri, Jujun S. 2010. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Azwar, Saifuddin, 2012. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Ojedokun, O. 2011. “Attitude towards littering as a mediator of the relationship between personality attributes and responsible environmental behavior” Waste management journal. 31 (12), 2601-2611.

Notoatmojo. Soekijo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku: Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, W. R. &Gall, M. D. 2008 .Educational research: an introduction (8th Ed.).New York: Longman, Inc.


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.