Pengembangan Perangkat Pembelajaran Naskah Lakon Berbasis Blended Learning pada Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik

Prusdianto Prusdianto(1*), Asia Ramli(2), Faisal Faisal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang; pengembangan perangkat pembelajaran naskah lakon berbasis bleanded learning pada program studi Pendidikan Seni Drama, Musik dan Tari FSD UNM dan validitas dari perangkat pembelajaran naskah lakon berbasis bleanded learning pada program studi Pendidikan Seni Drama, Musik dan Tari FSD UNM. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Developmen), produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa Rencana Program Semester (RPS), Rencana Tugas Mahasiswa (RTM) dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Model pengembangan yang dapat dijadikan acuan untuk pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah 4-D. 4 tahap yaitu pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate).

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Bleanded Learning, Naskah Lakon

Full Text:

PDF

References


Astuti, L. D. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Aktif Tipe Information Search Berbasis Kearifan Lokal DIY untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Nilai Karakter Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahamer, G., 2010. A short history of web based learning including GIS. International Journal of Computer Science & Emerging Technologies. 1 (4): 101-111.

Erdem, M. dan Kibar, P. N. 2014.Students' Opinions on Facebook Supported Blended Learning Environment. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology. 13 (1) : 199-206.

Graham, C.R. 2006. Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. In C. Bonk & C. Graham (Eds.), The Handbook of Blended Learning: Global Perspectives, Local Designs. San Francisco

Hamka, D dan Vilmala, B.K., 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning melalui Aplikasi Google Classroom untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. JeITS. 1 (2): 145-154.

Heriyanto. 2021. Pemanfaatan TIK Dalam Peningkatan Blended Learning Guru. https://osf.io/g9pmj/download. Diakses tanggal 9 Maret 2021.

Learning Suport Services. 2012. Module 3: Blended Learning. Teaching With Technology, Online Workshop Series. http://teachingwithtech.lss. wisc.edu/m3w1.htm. diakses tanggal 10 Maret 2021.

Luxemburg et al. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. PT Gramedia. Jakarta.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh: Berbasis Teknologi dan Informasi. Cv Alfabeta. Bandung.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Kencana. Jakarta.

Peraturan Presiden No 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Prusdianto. 2016. Pendidikan Seni Teater; Sekolah, Teater dan Pendidiknya. Tanra. 3 (3): 27-35.

Rahman. M dan Amri. S., 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Prestasi Pustaka. Malang.

Rahmanto B., et al. 2012. Proses Kreatif Penulisan dan Pemanggungan: Bergelut dengan Fakta dan Fiksi. Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta.

Siregar, A.D, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Mata Kuliah Kimia Dasar Berdasarkan Kurikulum KKNI. JEC. 2 (1): 1-8.

Sujana, I. M. 2015. Rambu-rambu Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). English Education Department, Faculty of Education, University of Mataram.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi pembelajaran: Teori & Aplikasi.

Suhadi. 2007. Petunjuk dan Pedoman Pembelajaran. Universitas Muhamadiyah Surakarta. Surakarta.

Tomlinson, B. 2003. Developing Materials for Language Teaching. Bloomsbury. London.

Waluyo, H. J. 2002. Drama: Teori dan Pengajarannya. Hanindita Graha Widya. Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.