Aplikasi Montessori Inspired Activity dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di TK Areta Amata School Makassar

Sitti Nurhidayah Ilyas(1*), A. Sri Wahyuni Asti(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembelajaran membaca bagi anak usia dini tidak dianjurkan dalam tataran yang bersifat memaksa. Berkaitan dengan tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan kegiatan membaca permulaan yang dilaksanakan di lembaga TK Areta Amata School yang menggunakan pendekatan Montessory berdasarkan aspek explain, presentation, explore dan conclusion. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif, data diperoleh dari informan dan dokumen. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan konsep Miles dan Huberman. Pengabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data dan uji confirmability. Pada aspek explain dilakukan melalui kegiatan penyambutan anak, mengenal cuaca, membaca dalam hati, welcome warming up, menulis jurnal dan kegiatan membaca diam serta story telling. Aspek presentation lebih berfokus pada kegiatan guru melalui pemodelan, pemberian berbagai contoh menarik dengan penekanan pemberian contoh diberikan satu persatu tidak dilakukan secara bersamaan. Memberikan kesempatan dan kebebasan kepada anak mencoba melakukan tugas sendiri bahkan mencoba kegiatan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi tergambarkan pada aspek explore. Aspek conclusion guru melakukan kegiatan bercakap-cakap, menanyakan kegiatan yang disukai dan tidak disukai untuk menstimulasi kemampuan anak untuk bercerita. Seluruh kegiatan terintegrasi dengan kegiatan menceritakan kembali kegiatan yang telah dilakukan, pembiasaan yang menunjukkan perilaku senang terhadap buku dan kegiatan yang menunjukkan bentuk simbol dalam berbagai kegiatan bermain yang menyenangkan bagi anak.

 

Kata Kunci: Montessori, Membaca Permulaan, Anak

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ameliola, S., H. N. (2013). Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. http://www.academia.edu/download/34462625/2013-02-29

BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Badan Standar Nasional Pendidikan 2006. 1–23. http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/kompetensi/Panduan_Umum_KTSP.pdf

Brunold Conesa, C. (2010). International education: The international baccalaureate, montessori and global citizenship. Journal of Research in International Education, 9(3), 259–272. https://doi.org/10.1177/1475240910382992

Cascella, M. (2015). Maria montessori (1870-1952). women’s emancipation, pedagogy and extra verbal communication. Revista Medica de Chile, 143(5), 658–662. https://doi.org/10.4067/S0034-98872015000500014

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data (Model Bogdan & Biklen, Model Miles & Hubermann, Model Strauss & Corbin, Model Spradley, Analisis Isi Model Philipp Mayring, Program Komputer NVivo) (Jakarta: Raja Grafindo Perkasa (ed.)).

Epçaçan, C., & Epçaçan, C. (2010). Socio-economic and culturel factors effecting self efficacy on reading comprehension. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 666–671. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.081

Feez, S. (2010). Montessori and Early Childhood (Los Angeles: SAGE (ed.)).

Gutek Gerald Lee. (2015). Metode Montessori Panduan Wajib untuk Guru dan Orang Tua Didik PAUD. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hainstock, E. G. (2002). Montessori untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Delapratasa Publishing.

Halidjah, S. (2012). Evaluasi Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 259–268. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.367

Holt, J. (2012). Belajar Sepanjang Waktu (Jakarta: PT. Erlangga (ed.)).

Kusumo, E. L. (2017). Montessori di Rumah: Buku Aktifitas Kegiatan Matematika (Jakarta: Tim ESENSI Penerbit Erlangga. (ed.)). PT Gelora Aksara Pratama.

Murtie, A. (2013). Mengajari Calistung Sejak Dini Dengan Bermain (Panduan Praktis Untuk Orangtua) (Jakarta: Gramedia (ed.)).

Musta’in, N. (2016). Anak Islam Suka Membaca. Solo: Pustaka Amanah.

Nutbrown, Cathy., P. C. (2015). Pendidikan anak Usia Dini Sejarah, Filosofi dan Pengalaman (Yogyakarta).

Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rizqia, M., Iskandar, W., Simangunsong, N., & Suyadi, S. (2019). Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5212

Seefeldt, C. B. A. W. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT Indeks.

Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori Inspired Activity (Jakarta: Bentang Pustaka. (ed.).


Article Metrics

Abstract view : 358 times | PDF view : 518 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.