Proses Berpikir Konseptual Mahasiswa Kemampuan Matematika Sedang dalam Memecahkan Masalah
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir konseptual mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika. Subjek penelitian adalah satu orang mahasiswa matematika yang memiliki kemampuan matematika dalam kategori sedang. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tugas pemecahan masalah dan wawancara mendalam berbasis tugas. Keabsahan data dilakukan melalui mengamatan secara terus menerus, triangulasi waktu, dan member chek. Analisisi data melalui beberapa tahapan, yaitu kategorisasi data, reduksi data, penyajian data, penafsiran data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa kemampuan matematika sedang, melakukan proses pemecahan masalah berdasarkan pada konsep tertentu. Ia mengaitkan sebagian konsep sehingga pemecahan masalah menjadi kurang lancar
Kata Kunci: Berpikir Konseptual, Kemampuan Matematika, Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin. (2012). Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender (Disertasi doktoral tidak dipublikasikan). Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia
Arslan, S. (2010). Traditional instruction of differential equations and conceptual learning. Journal Teaching Mathematics and Its Applications. 29, 94-107
Engelbrecht, J., Bergsten, C., & Kagesten, O. (2009). Undergraduate students’ preference for procedural to conceptual solutions to mathematical problems. International journal of mathematical education in science and technology, 40(7), 927-940.
Hejny, M., Jirotkova, D., & Kratochvilova, J. (2006). Early Conceptual Thinking. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp. 289-296). Prague, Prague:PME
Lybby, W. (1922). Conceptual Thinking. Jstor. 15(5), 435-442
Nottingham. (2015, Desember 14). Conceptual and Strategic Thinking. Diperoleh dari http://www.nottingham.ac.uk/hr/guidesandsupport/ performanceatwork/ pdpr/pdpr-behavioural-competencyguide/thinking -and-innovation/ concep tual-and-strategic-thinking.aspx
Skemp, R. R. (1987). The Psykology of Learning Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum associates, Inc.
Ubaedy, AN. (2008). Berkarier di Era Global. Jakarta: PT Gramedia
Voutsina, C. (2012). Procedural and conceptual changes in young children’s problem solving. Educational Studies in Mathematics, 79(2), 193-214.
Zubaidah, T. (2000). Proses Berpikir Keruangan Siswa Kls I SMP Negeri 32 Surabaya (Tesis master tidak dipublikasikan). PPs Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia
Article Metrics
Abstract view : 140 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.