Proses Berpikir Konseptual Mahasiswa Kemampuan Matematika Sedang dalam Memecahkan Masalah

Hamda Hamda(1*), Bernard Bernard(2), Suradi Suradi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir konseptual mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika. Subjek penelitian adalah satu orang mahasiswa matematika yang memiliki kemampuan matematika dalam kategori sedang. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tugas pemecahan masalah dan wawancara mendalam berbasis tugas. Keabsahan data dilakukan melalui mengamatan secara terus menerus, triangulasi waktu, dan member chek. Analisisi data melalui beberapa tahapan, yaitu kategorisasi data, reduksi data, penyajian data, penafsiran data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa kemampuan matematika sedang, melakukan proses pemecahan masalah berdasarkan pada konsep tertentu. Ia mengaitkan sebagian konsep sehingga pemecahan masalah menjadi kurang lancar

Kata Kunci: Berpikir Konseptual, Kemampuan Matematika, Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Alimuddin. (2012). Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender (Disertasi doktoral tidak dipublikasikan). Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia

Arslan, S. (2010). Traditional instruction of differential equations and conceptual learning. Journal Teaching Mathematics and Its Applications. 29, 94-107

Engelbrecht, J., Bergsten, C., & Kagesten, O. (2009). Undergraduate students’ preference for procedural to conceptual solutions to mathematical problems. International journal of mathematical education in science and technology, 40(7), 927-940.

Hejny, M., Jirotkova, D., & Kratochvilova, J. (2006). Early Conceptual Thinking. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp. 289-296). Prague, Prague:PME

Lybby, W. (1922). Conceptual Thinking. Jstor. 15(5), 435-442

Nottingham. (2015, Desember 14). Conceptual and Strategic Thinking. Diperoleh dari http://www.nottingham.ac.uk/hr/guidesandsupport/ performanceatwork/ pdpr/pdpr-behavioural-competencyguide/thinking -and-innovation/ concep tual-and-strategic-thinking.aspx

Skemp, R. R. (1987). The Psykology of Learning Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum associates, Inc.

Ubaedy, AN. (2008). Berkarier di Era Global. Jakarta: PT Gramedia

Voutsina, C. (2012). Procedural and conceptual changes in young children’s problem solving. Educational Studies in Mathematics, 79(2), 193-214.

Zubaidah, T. (2000). Proses Berpikir Keruangan Siswa Kls I SMP Negeri 32 Surabaya (Tesis master tidak dipublikasikan). PPs Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.