Sikap Mahasiswa, Konsep Diri, dan Penilaian Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Serta Hubungannya dengan Penguasaan Materi Metodologi Penelitian

Muhammad Sidin Ali(1*), Tri Hastiti Fiskawarni(2), A. Sri Astika Wahyuni(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam tentang sikap mahasiswa, konsep diri, dan penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen serta hubungannya dengan penguasaan materi metodologi penelitian, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.  Penelitian ini adalah survey yang sifatnya korelasional dengan populasi seluruh mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika FMIPA UNM Makassar yang sedang/telah memprogramkan matakuliah metodologi penelitian tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 99 orang. Sampel diperoleh melalui multi Stage random sampling dengan cara  incidental dan diperoleh ukuran sampel  80 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui tes dan nontes. Instrumen nontes menggunakan lembar kuesioner yang telah divalidasi secara teoretik oleh tiga pakar metodologi melalui teori Aiken. Variabel penelitian terdiri atas tiga variabel bebas yaitu sikap mahasiswa terhadap metodologi penelitian (X1), konsep diri (X2), dan penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen (X3) serta satu variabel terikat yaitu penguasaan materi metodologi penelitian (Y). Teknik pengumpulan data berupa tes dan kuesioner serta teknik analisis data dengan menggunakan analisi deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat-empatnya variabel berada pada kategori tinggi. Selanjutnya hasil penelitian diperoleh; terdapat hubungan positip dan siqnifikan antara (1) sikap mahasiswa dengan penguasaan materi metodologi penelitian, (2) konsep diri dengan penguasaan materi metodologi penelitian, (3) penilaian mahasiwa terhadap kinerja dosen dengan penguasaan materi metodologi penelitian, dan (4) sikap mahasiswa, konsep diri, dan penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen dengan penguasaan materi metodologi penelitian, (5) sikap mahasiswa dengan penguasaan materi metodologi penelitian jika konsep diri dan penilaian mahasiwa terhadap kinerja dosen dikendalikan, (6) konsep diri dengan penguasaan materi metodologi penelitian jika sikap mahasiswa dan penilaian mahasiwa terhadap kinerja dosen dikendalikan, dan (7) penilaian mahasiwa terhadap kinerja dosen dengan penguasaan materi metodologi penelitian jika sikap mahasiswa dan konsep diri dikendalikan pada mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNM Makassar.

 

Kata Kunci:  Sikap Mahasiswa, Konsep Diri, Kinerja Dosen, dan Penguasaan Materi Metodologi Penelitian

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Anastasi, Anne dan Susana Urbina. 2006. Tes Psikologi, terjemahan dari Psychological Testing oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: Indeks.

Anderson, Lorin W dan David R.Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, terjemahan dari A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesssing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2005. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bloom, Benyamin S. 1981. Taxonomy of educational objectives, Book I cognitive Domain. New York: Longman.

Burns, R.B. 1993. Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Terjemahan Eddy. Jakarta: Penerbit Arcan.

Carlson, Niel R. and William Buskist. 1997. The Science of Behavior. Boston, London: Allyn and Bacon.

Hapsari dan Iriani Indri. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks

Jihad, Asep & Haris Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kemp, Jerrold E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran, terjemahan Asri Marjohan. Bandung: ITB.

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 1998. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sappaile, Nursiah. 2017. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi Guru Terhadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. Disertasi. Jakarta: Pascasarjana UNJ.

Vaughan, Graham & Hogg, Michael. 1995. Introduction to Social Psychology. Englewood, New Jersey: Prentice Hall.

Widoyoko, EP. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Wirawan. 2016. Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.