Efektivitas Umpan Balik Tes Formatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Penguasaan Materi Metodologi Penelitian (Eksperimen Di S-1 Pendidika Fisika FMIPA UNM Makassar)

Muhammad Sidin Ali(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Pariabti Palloan(3), Tri Hastiti Fiskawarn(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam tentang evektivitas pemberian umpan balik tes formatif dan motivasi berprestasi terhadap penguasaan materi metodologi penelitian mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika FMIPA UNM Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sedang populasinya adalah seluruh mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika FMIPA UNM Makassar yang mengikuti kuliah metodologi penelitian pada tahun akademik 2020/2021 yang terdiri atas tiga kelas dengan jumlah 99 mahasiswa, sedang pengambilan sampelnya dengan cara simple random sampling melalui undian, sehingga diperoleh 20 mahasiswa di klas pendidikan A sebagai kelompok eksperimen dan 20 mahasiswa di kelas pendidikan B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yakni bentuk lembar kuesioner untuk mengukur motivasi berprestasi mahasiswa dan tes untuk mengukur penguasaan materi metodologi penelitian mahasiswa. Khusus instrumen lembar kuesioner telah divalidasi secara teoretik oleh tiga pakar metodologi melalui teori Aiken. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel  yaitu (1) umpan balik tes formatif (X1) sebagai variabel bebas, motivasi berprestasi (X2) sebagai variabel moderator, dan penguasaan materi (Y) sebagai variabel terikat. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis inferensial melalui uji Anava Dua Jalur dan dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian diperoleh: (1) Secara keseluruhan, penguasaan materi metodologi penelitian mahasiswa yang diberikan tes formatif terkoreksi segera lebih tinggi/efektif dari pada kelompok mahasiswa yang diberikan tes formatif tertunda; (2) Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, penguasaan materi metodologi penelitian mahasiswa yang diberikan tes formatif terkoreksi segera lebih tinggi/efektif dari pada mahasiswa yang diberikan tes formatif tertunda; (3) Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, penguasaan materi metodologi penelitian mahasiswa yang diberikan tes formatif tertunda lebih tinggi/efektif dari pada mahasiswa yang diberikan tes formatif terkoreksi segera; dan (4) Terdapat Interaksi antara pemberian umpan balik tes formatif dengan motivasi berprestasi terhadap penguasaan materi metodologi penelitian mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika FMIPA UNM Makassar.

Kata Kunci:  Umpan Balik Tes Formatif, Motivasi Berprestasi, dan Penguasaan Materi Metodologi Penelitian.


Full Text:

PDF

References


Ali, M Sidin dan Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Anderson, Lorin W., and Krathwohl, David R. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Penerjemah Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Beck, Robert C. 1990. Motivation-Theories and Principles. New Jersey: Prentice-Hall, Englewood Cliffs

Black Paul and Dylan William’s. 1999. The Value Of Formative Assessment (http://fairtset.org/examarts/winter99/k-forma3.html).

Bloom, Benyamin S. 1981. Taxonomy of educational objectives, Book I cognitive Domain. New York: Longman.

Jihad, Asep & Haris Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Maba, Wayan. 2002. “Pengaruh Umpan Balik Tes Formatif dan Minat Pengantar Pendidikan Terhadap Kemampuan Menulis Butir Tes Hasil belajar Mata Kuliah Pengantar Pendidikan”. Disertasi. Tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ.

McClelland, David C; et al. 1976. The Schievement Motive. New York: Irvington Publisher.

Morgan, Clifford T; et al. 1987. Introduction to Psychology. New York: McGraw-Hill Book Company.

Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P., and Timothy A.Judge. 2007. Organizational Behavior, Twelfth Edition.Upper Sadddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc. Robbins, Stephen P. 2006. Organizational Behavior, Tenth Edition. Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Steers, Richard M., and Porter, Lyman W. 1991. Motivation and Work Behavior. New York: Mc Graw-Hill, Inc.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparman, Atwi. 1994. Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI UT.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Wirawan.2016. Evaluasi. Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 185 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.