Ragam Slang dalam Bahasa Iklan Selebriti Instagram Makassar (Suatu Tinjauan Pragmatik)

Usman Usman(1*), Hasriani Hasriani(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui wujud ragam slang dalam bahasa iklan selebriti instagram khususnya kota Makassar ditinjau dari aspek pragmatik (deiksis), aspek pragmatik (praanggapan), dan aspek pragmatik (implikatur). Jenis penelitian menggunakan pendekatan  deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah keterangan berupa perkataan atau ujaran dalam bahasa iklan sebagai bahan dasar kajian dan analisis. Sumber datanya adalah bahasa iklan yang ditemukan pada akun media sosial para selebriti instagram yakni Anggu Batary (AB), Alief Mueller (AM), dan Halifah Intania (HI), melalui unggah di feed yang dinilai mengalami perubahan ragam slang dalam bahasa iklan. Hasil penelitian menunjukkan deiksis yang muncul pada bahasa iklan selebriti Makassar adalah deiksis persona dan deiksis tempat. Praanggapan yang sering muncul dalan bahasa iklan selebriti instagram Makassar yaitu praanggapan ekstensial, praanggapan faktif, praanggapan leksikal, praanggapan struktural, dan praanggapan konterfaktual. Sedangkan bentuk tindak ujaran yang sering muncul dalan bahasa iklan selebriti instagram Makassar yaitu jenis impikatur konvensional. Berdasarkan hasil penelitian data yang muncul dalam bahasa instragram selebriti Makassar justru tidak ditemukan impikatur percakapan. Hal ini disebabkan karena dalam beriklan selebriti instagram tidak melakukan interaksi saling bercakap-cakap, melainkan hanya berbicara individu dengan tujuan memperkenalkan suatu produk agar konsumen terpengaruh untuk membeli produk tersebut.

Kata Kunci: Ragam Slang, Iklan, Pragmatik


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 1993. Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Cangara, Hafid. 2006. Pengantar ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chaer, Abdul dan Agustina Leonie. 2004. Perkenalan Awal Sosiolinguistik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik, Edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Liliweri, Alo. 2001. Dasar-dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana; Teori, Metode dan Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Suparno dan Martutik. 1998. Wacana Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syamsuddin, A.R., dkk. 1997. Studi Wacana Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tjiptono, Fandy, 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tim Penyusun Kamus. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahid, Sugira dan Juanda. 2005. Analisis Wacana. Makassar: CV Berkah Utami.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.