Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan wujud bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter di kelas VII Sekolah Menengah Pertama, dan (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter di kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini, adalah penelitian Research and Development (R&D. Penelitian Research and Development (R&D Subjek uji coba pada penelitian ini, adalah ahli materi dan desain bahan ajar. Bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter dinyatakan layak, jika rata-rata skor total hasil validasi ahli materi dan desain bahan ajar berada pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai bahan ajar pendamping dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Teks Cerita Fantasi, Pendidikan Karakter
Full Text:
PDFReferences
Harsiati, Titik, Trianto, Agus dan Kosasih, E. 2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016 untuk SMP kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Mujiwanto, M., Murtono, M., dan Fathurohman, I. 2021. Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pati Untuk SMP/MTS. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2), 425-442.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2013. Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Supriyono, Widodo. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Zulkifli, Z., dan Royes, N. 2017. Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(2), 120-133.
Article Metrics
Abstract view : 471 times | PDF view : 217 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.