Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Bengembangkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Tema 2 di Kelas V SDN 2 Massepe Kabupaten Sidenreng Rappang
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Massepe Kabupaten Sidenreng Rappang dengan subjek guru dan siswa kelas V SDN 2 Massepe tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Setiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan mencapai kategori kurang namun pada siklus II hasil pembelajaran telah mencapai kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini mengemukakan bahwa dengan menerapkan model discovery learning dapat mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik pada tema 2 di kelas V SDN 2 Massepe Kabupaten Sidenreng Rappang.
Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Discovery Learning
Full Text:
PDFReferences
Anut, Sulau. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Tema 4 di Kelas V SD Negeri Mamajang 1 Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teri Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska.
Fadillah, Muhammad dan Khorida Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Faturrahman, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Kurniawan, Samsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Listiyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga.
Oktavioni, Winda. 2017. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 186/1 Sridadi. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.
Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suyadi. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Suyanto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Yogyakarta: Multipress
Syaodih, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tirtaraharja, Umar. Dkk. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkta Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Zain, A Dkk. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract view : 313 times | PDF view : 68 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.