Perancangan Bahan Ajar Berbasis Body Movement Untuk Meningkatkan Kecerdasan Tubuh Pada Pembelajaran Olah Tubuh I Mahasiswa Prodi Seni Tari FSD UNM

Rahma M(1*), Bau Salawati(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar mata kuliah Olah tubuh 1 dengan pendekatan Body Movement untuk meningkatkan kecerdasan tubuh mahasiswa. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan proses pembelajaran pada mata kuliah olah tubuh 1 di prodi Seni Tari FSD UNM. Perancangan bahan ajar ini menggunakan pendekatan Borg and Gall. Tahapan Borg and Gall (1989) ini meliputi analisis kebutuhan, desing, sampai pada development kemudian validasi. Tahap awal yang dilakukan yakni analisis kebutuhan dilakukan sebagai dasar untuk menghasilkan produk awal yang bersifat hipotetik, dan untuk hal ini digunakan metode penelitian dasar (basic research), kemudian untuk menguji produk yang masih bersifat hipotetik tersebut, digunakan eksperimen atau action research pada tahap selanjutnya. Setelah produk teruji, maka dapat diaplikasikan. Proses pengujian produk dengan eksperimen tersebut dinamakan penelitian terapan (applied research), namun penelitian kali ini baru pada penelitian tahap awal yang terbatas pada analysis situasi/kebutuhan.

 

Kata Kunci: Perancangan, Body Movement, Olah Tubuh, Kecerdasan Tubuh

Full Text:

PDF

References


Adip Wahyudi, 2011, Peneletian Pendidikan

Beni Nurdiansyah, Menulis Buku Ajar, http://www.duniadosen.com

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research : An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Campbell, julia el, al. 2006. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Inteligenscis, Depok, Intuisi Press.

Gardner, Howard, 2003. Multiple intelligences, (terjemahan) Batam: Interaksara.

Ghufron, A. 2011. Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Handout. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Hadi, Sumadiyo Y, 2011, Koreografi Bentuk-Teknik-Isi, Yogyakarta; Multi Grafindo

Hadi, Sumadiyo Y. 2007, Kajian Tari Teks Dan Konteks, Yogyakarta: Pustaka book publisher

Hidajat, R. (2013). Kreativitas Koreografi. Malang: Surya Pena Gemilang.

Langer, K, Suzanne, 2006, Problem Of Art, terj. F.X Widaryanto dengan judul Problematika seni, Bandung: Sunan Ambu Press

Rahman, izul, Teori Perancangan, https://www.academia.edu

Setianingsih, Y. (2014). Peranan Olah Tubuh Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dalam Tari Pada Anak-Anak Smp Negeri 01 Karangkobar. Jurnal Seni Tari, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/jst.v3i1 .4063

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2011, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widaryanto, F.X, 2005, Kritik Tari, Gaya, Struktur, dan Makna: Bandung: Kelir


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.