Analisis Kesulitan Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Maros pada Materi Pokok Larutan Penyangga

Muhammad Jasri Djangi(1*), Sugiarti Sugiarti(2), Ramdani Ramdani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Maros pada materi larutan penyangga saat pembelajaran daring dan bagaimana pola kesulitan yang dialami siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Maros pada materi larutan penyangga saat pembelajaran daring. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 36 siswa, adapun penelitian ini dilaksanakan 3 kali pertemuan yang terdidri dari 2 pertemuan proses pembelajaran dan 1 pertemuan posttest. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan 3 jenia kesulitan belajar yaitu kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dengan angka, dan kesulitan membaca, dan memahami istilah atau kalimat. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran daring menggunakan google meet dengan model direct instruction pada materi pokok larutan penyangga adalah: (1) kesulitan belajar siswa pada materi larutan penyangga berkisar antara sedikit sulit dan sangat sulit. Persentase tiap indicator pencapaian kompetensi yaitu menjelaskan pengertian larutan penyangga sebesar 67 %, menentukan larutan penyangga dan bukan larutan penyangga sebesar 71 %, menghitung pH larutan penyangga asam dan basa sebesar 82 %, menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam, basa, dan pengenceran sebesar 100 %, dan menjelaskan fungsi larutan penyangga pada tubuh makhluk hidup sebesar 69,7 %.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Larutan Penyangga, Pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnostic, dan Remediasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anggraini, Fitri., Jamalum Purba. 2013. Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 1 Tanah Jawa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia SPs UNIMED / STIKOM Tunas Bangsa, 2(1).

Anori, Soraya., Amali Putra, dan Asrizal. 2013. Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Journal Pillar of Physics Education, 1(2).

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin, M. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Kimia. Universitas Airlangga, Surabaya.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarta.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:CV. Alfabeta

Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, I. dan R. P. Anggarini. 2012. “ Taksonomi Bloom- Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian”. E-journal Universitas PGRI Madium, 2(2).

Hallen. 2005. Bimbingan dan Konseling Cetakan Ketiga. Jakarta: Ciputat Press.

Imania, Kuntum An Nisa. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian

Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK. Vol 5, 31-47.58

Jamaris, M. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Jannah, M., P. Ningsih, dan Ratman. 2016. “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Tengah Pada Pembelajaran Larutan Penyangga Dengan CRI (Certainty of Response Index”. Jurnal Akademika Kimia, 5(2).

Kardi dan Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Malang.Press.

Makmun, A. S. 2009. Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mariati, Desak Putu., I Gede Raga, dan Ketut Pudjawan. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Seni Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak TK SHANTI KUMARA III SEMPIDI. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Mentari, L., Suardana, I. N., dan Subagia, I. W. 2014. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran Kimia untuk Materi Larutan Penyangga. E-Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1)

Napsawati. 2019. Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1).

Nurhujaimah, R., I.R. Kartika, & M. Nurjaydi. 2016 “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Three Tier Multiple Choice”. Jurnal Penelitian Pendidikan: Pedagogia, 19(1).

Parastuti, W. I., Suharti, dan Ibnu, S. 2016. Miskonsepsi Siswa pada Materi Larutan Buffer. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(12).

Permendikbud No. 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Purnama, Rita Dwi. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak, 1(1)

Rahman, U., Nursalam, dan Tahir, M. R. 2015 Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1).

Rasyad, A. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran Cetakan Keempat. Jakarta Timur: UHAMKA Press.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sumber Proses Pendidikan.,Jakarta: Kencana.

Sastrika, I. A. K., I W. Sadia dan I W. Muderawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis”. E-Journal Program Pascasarjana Univesitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Sukmadinata, N. S., 2013 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwanto. 2013. Belajar Tuntas, Miskonsepsi, dan Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan. 22(1).


Article Metrics

Abstract view : 410 times | PDF view : 876 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.