Pentingnya Keterampilan Spiritual Teaching bagi Guru Sebagai Upaya Penigkatan Kecerdasan Spiritual Siswa

Ahmad Razak(1*), Ahmad Yasser Mansyur(2), Muhrajan Piara(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Studi ini meneliti tentang pengembangan model spiritual teaching untuk guru bidang studi sebagai upaya peningkatan kecerdasan spiritual siswa sman 14 makassar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual siswa dan mengetahui keterampilan pengajaran guru. subjek dalam penelitian ini adalah 183 siswa yang dipilih secara proporsional random sampling dan 55 guru bidang studi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 89 siswa memiliki kecerdasan spiritual rendah, 66 siswa memiliki kecerdasan spiritual sedang, dan 18 siswa memiliki kecerdasan spiritual tinggi. keadaan keterampilan pembelajaran guru-guru pada dasarnya sudah berlangsung dengan baik tetapi tidak sepenuhnya menggunakan pendekatan spiritual teaching. kecerdasan spiritual dapat membantu siswa mengimbangi ketiga jenis kecerdasan, yaitu eq, iq, dan sq untuk membentuk karakter siswa yang ideal.

Kata Kunci: Spiritual Teaching, Kecerdasan Spiritual Siswa


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an al Karim

Agustian , Ary Ginanjar. (2002). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual; ESQ. Jakarta: Arga.

A.M.Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bukhari, t.th. Shahy Bukhary. Semarang: Toha Putra.

Chalil, Munawir. (2001). Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW jilid 1. Jakarta: Gema Insani Press.

David B. King & Teresa L. DeCicco (2009). A Viable Model and Self-Report Measure of Spiritual Intelligence, The International Journal of Transpersonal Studies, Volume 28, pp. 68-85.

Darmi. (2013). Aliran-aliran yang mempengaruhi kurikulum pendidikan. At-Ta’dib Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam.Vol. 5 (1): 1-7.

Deputy, M., DeVivo, J.,Fasolo, N., Jones, L & Martin, D (2016). Spiritual Attitudes and Values in Young Children. Journal of Undergraduate Research. Vol. 2 (1): 1-27

Donasi Peduli Santri. (2015). 63 Persen Remaja Berhubungan Sex di luar Nikah. Berita online. http://pedulisantri.blogspot.co.id/2015/03/63-peren-remaja-berhubungan-seks-di.html.[diakses 28/02/2016].

Echols, J. M., & Hassan Sadly. (2000). An English-Indonesia deictionary. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ediyono. (2018). Internalisasi nilai-nilai spiritual pada diri siswa di SMPN 2 Kota Bengkulu. al-Bahtsu. Vol.3(2), h. 220-229.

Harian Terbit.com. (2014). 22 Persen Pengguna Narkoba Kalangan Pelajar. Berita online. http://megapolitan.harianterbit.com/megapol/2014/09/13/8219/29/18/22-Persenpengguna Narkoba-Kalangan-Pelajar.[diakses

/02/2016].

Hasan Abdul Wahid. (2006). SQ Nabi : Aplikasi Strategi dan Model Kecerdasan Spiritual Rosululloh di masa kini ,Jogjakarta : IrcisoD.

Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 173-202.

Khavari, Khalil A. (2000). Spiritual Intelligence (A Pratictical Guide to PersonalHappiness), Canada: White Mountain Publications.

King, David B. DeCicco, Teresa. (2009). A Viable Model and Self-Report Measure of Spiritual Intellegence. International Journal of Transpersonal Studies. 28. 68-85.

Levin Michal. (2005). Spiritual Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lin, Yan. (2014). Spirituality in early childhood education. Article. https://www.hekupu.ac.nz/article/spirituality-early-childhood-education. Diakses tanggal 11 oktober 2019.

Marbawi, A. (2014). Strategi Belajar Spiritual Teaching dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Artikel. http://abhytazkiya.blogspot.co.id/2014/10/strategi-belajar-spiritual-teaching.html [27/03/2016].

Nasikhah, Duratun dan Prihastuti. (2013). Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Kenakalan Remaja pada Masa Remaja Awal. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Volume 02 (1): 1-4.

Maksum, A. 2003. Tasawuf Sebagai Pembebasan Manusia Moderen. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Meeus, W., Cools, W., & Placklé, I. (2018). Teacher educators developing professional roles: frictions between current and optimal practices. European Journal of Teacher Education, 41(1), 15-31.

Nggermanto, Agus. (2001). Quantum Quetiont Kecerdasan Quantum. Nuansa: Bandung.

Panjaitan, Simon Maruli. (2013). Pembelajaran matematika beraliran humanistik berparadigma pendekatan kontekstual. Artikel. http://vitonasya.blogspot.co.id/2013/11/pembelajaran-matematika-beraliran.html. [diakses 28/3/2016].

Rahman, Mustofa. (2013). Guru Humanis dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.Vol 28 (1): 91-106.

Reza, Iredho Fani. (2013). Hubungan antara religiusitas dengan moralitas pada remaja di Madrasah Aliyah. Humanitas. Vol. 10(2): 45-58.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukitman, Tri dan Ridwan, M. (2016). Implementasipendidikan Nilai (Living Values Education) dalam Pembelajaran IPS (Studi pembentukan Karakter Anak Di SDN Batang-Batang Daya I). Profesi Pendidikan Dasar Vol. 3, (1) : 26-36.

Sulaiman, 2009. Melayani bentuk penguatan spiritual religius. Artikel. http://sulaiman.blogdetik.com/category/spiritual/ [26/1/2009].

Suryosubroto, B. (2010). Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Syaiful Hijrah, S.F. (2013). Menghadirkan Tuhan di Tiap Mata Pelajaran. Opini. yaifulhijrah.blogspot.co.id/2013/03/menghadirkan-tuhan-di-tiap-mata.html. [diakses 28/3/2016].

Syamsu Yusuf LN., (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Syihabuddin. (2017). spiritual pedagogy: an analysis of the foundation of values in the perspective of best performing teachers. International Journal of Education,Vol. 10 (1), h. 27-33.

Tasmara, Toto. (2001). Kecerdasan Ruhaniah (Transcedental Intelegensi). Gema Insani: Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahab, A dan Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Yaumi, Muhammad dan S. Sirate, Sitti Fatimah. (2014). Konstruksi model pembelajaran berbasis kecerdasan spiritual untuk perbaikan karakter. AL-QALAM: Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya. Vol 20, Edisi Khusus, h.13-22.

Yulianti, E. (2013) Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Semester 1 Di TK Nasima Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. (tidak diterbitkan). Semarang: UNNES.

Zohar, D dan Marshall, I. (2000). Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence. Bloomsberry, Great Britain


Article Metrics

Abstract view : 1077 times | PDF view : 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.