Teknik Genogram: Sebuah Alternatif Dalam Peningkatan Pilihan Karier Generasi Z

Aryani Farida(1*), Latif Suciani(2), Syahril M Fiqri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui:  (1) gambaran pilihan karir generasi Z sebelum diterapkan teknik genogram, (2) gambaran pelaksanaan teknik genogram untuk meningkatan pilihan karir generasi, dan (3)  efektivitas penerapaan teknik genogram dalam meningkatkan pilihan karir generasi z di kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA 8 di kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswa SMA 8  di kota makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pilihan karier siswa generasi Z dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistif deksriptif dan analisis statistik inferensial paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran pilihan karier siswa generasi Z sebelum diberikan teknik genogram berada pada ketagori rendah. (2) Gambaran pelaksanaan teknik genogram pada generasi Z dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan peserta didik dapat membuat genogram serta mempresentasikan hasil genogram yang telah mereka gambar. (3) Teknik genogram efektif dalam meningkatkan pilihan karier siswa generasi Z.

Kata Kunci:  Genogram,  Pilhan Karir, Generasi Z


Full Text:

PDF

References


Alfionita, R. Z. R. & Najlatun Naqiyah (2014). Penggunaan Genogram Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal BK. Volume 04 Nomor 03 Tahun 2014, 1, 8.

Alissa, S., & Akmal, S. Z. (2019). Career Decision Making Self-Efficacy Mediator Antara Dukungan Kontekstual dan Adaptabilitas Karier. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 5(1), 1-8.

Baldonado AM. 2018. Leadership and Gen Z: Motivating Gen Z Workers and Their Impact to the Future. International Journal of Managerial Studies amd Research 6(1): 56-60.

Barhate, B. and Dirani, K.M. (2021), "Career aspirations of generation Z: a systematic literature review", European Journal of Training and Development, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/EJTD-07-2020-0124

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z Dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi Dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 4(2), 84-105.

Chrzastowski, S. K. (2011). A narrative perspective on genograms: Revisiting classical family therapy methods. Clinical child psychology and psychiatry, 16(4), 635-644.

Daugherty, T., & Hoffman, E. (2014). eWOM and The Importance of Capturing Consumer Attention Within Social Media. Journal of Marketing Communication, 20(1-2), 82-102. doi:10.1080/13527266.2013.797764

Fathonah, N. (2019). Penggunaan Metode Genogram untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(2), 279-288.

Fodor, M., & Jaeckel, K. (2018). What does it take to have a successful career through the eyes of generation Z-based on the results of a primary qualitative research. International Journal on Lifelong Education and Leadership, 4(1), 1-7.

Gaidhani, S., Arora, L., & Sharma, B. K. (2019). Understanding The Attitude Of Generation Z Towards Workplace. International Journal of Management, Technology And Engineering, 9, 2804-2812.

Irmayanti, R. (2018). Genogram Untuk Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMP. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 84-89.

Kumalasari, I., Amin, M., Jaya, H., & Ningsih, R. (2021). Edukasi Generasi Z (Digital) Dan Pola Kehidupan Baru Menghadapi Masa New Normal. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 59-71.

Maria-Cristina Iorgulescu. (2016). Generation Z and Its Perception of Work. Case Study. Cross-Cultural Management Journal, XVIII(1), 47–54.

McGoldrick, M., Gerson, R., & Petry, S. S. (2008). Genograms:

Nadya, A., & Farozin, M. (2021). Career guidance conceptualization to improve career adaptability for generation z. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(1).

Rika Rodhiyah, S. I. T. I. (2016). Pengembangan Buku Modifikasi Genogram untuk Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas. Jurnal BK UNESA, 6(3).

Rangka, I. B. (2015). Genogram Dan Pendekatan Naratif Dalam Konseling Untuk Membantu Arah Pilihan Karir Siswa1. In Apeca Mid Year International Workshop (Pp. 117-128).

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Kwangsan, 6(1), 286903.

Saragih, J. F. B. (2012). Fenomena bermain generasi Z dan hubungannya dengan eksistensi ruang bermain terbuka di lingkungan perumahan sederhana. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 3(1), 8-14.

Savitri, D. (2014). Survey Tentang Pilihan Karir Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(3).

Supriatna, M. (2019). Analisis Genogram Sebagai Alat Konseling Karir. Jurnal Pendidikan Psikologi dan Bimbingan (Online). Universitas Pendidikan Indonesia.

Susilawati, C. D. K., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Lingkungan Kerja Auditor terhadap Pilihan Karirnya Sebagai Auditor di KAP (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Maranatha dan Universitas

Parahyangan). Akurat: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(8)

White, J. E. (2017). Meet Generation Z: Understanding and reaching the new post-Christian world. Baker Books.

Wijoyo, H. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. CV. Pena Persada.

Yulianti, E. D., Fitri, S., & Herdi, H. (2015). Pengaruh Penggunaan Genogram Dalam Konseling Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Peserta Didik Kelas Xii. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 19-24.

Zulkaida, A., Made Taganing Kurniati, N., Retnaningsih, R., Muluk, H., & Rifameutia, T. (2012). Pengaruh locus of control dan efikasi diri terhadap kematangan karir siswa Sekolah Menengah Atas (Sma).


Article Metrics

Abstract view : 626 times | PDF view : 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.