Analisis Hasil Uji Komprehensif Guru Produktif pada Pembelajaran Daring Program PPG dalam Jabatan Universitas Negeri Makassar

Fiskia Rera Baharuddin(1*), Ashar Pramono(2), Asmah Adam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Uji komprehensif merupakan penilaian yang dilakukan secara daring dan menyeluruh tentang teori pedagogic, dan pengetahuan bidang studi termasuk esensial, advance material dan kebermaknaan (apa, mengapa, dan bagaimana) yang bersumber dari hasil pembelajaran lokakarya dan diperluas pada aspek TPACK dan HOTS. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengusaan aspek uji komperehensif mahasiswa PPG, metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling kepada mahasiswa PPG Guru Produktif Dalam Jabatan Tahun 2021 sebanyak 366 dari sepuluh bidang studi vokasi yang dilaksanakan di program studi pendidikan profesi guru universitas negeri Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan teknik analisis datanya yakni analisis statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian dari pemetaan penguasaan aspek uji komprehensif mahasiswa ppg adalah (1) Penguasan materi bidang studi esensial mahasiswa ppg guru produktif sebesar 57,14% dengan kategri sangat baik; (2) Penguasan materi bidang studi Advanced Materials mahasiswa ppg guru produktif sebesar 57,44% dengan kateogri baik; (3) Penguasan materi pedagogik mahasiswa ppg guru produktif sebesar 54,17% dengan kateogri baik; (4) Penguasan materi berbasis HOTS mahasiswa ppg guru produktif sebesar 67,56% dengan kateogri baik; dan (5) Penguasan materi terintegrasi TPACK mahasiswa ppg guru produktif sebesar 54,17% dengan kateogri sangat baik.

Kata Kunci: Uji Komprehensif, Guru Produktif, Pembelajaran Daring

 


Full Text:

PDF

References


Ariana, Yoki dkk, 2018. Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Jakarta: Dirjend GTK Kemdikbud.

Astuti, M. O., Syamwil, & Susanti, D. (2018). Analisis faktor minat mahasiswa pendidikan ekonomi untuk menjadi guru melalui program pendidikan profesi guru. EcoGen, 1, 766–775. http://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5655.

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan kualitas pendidikan: Program Pendidikan profesi guru prajabatan dalam pemenuhan kebutuhan guru profesional di Indonesia. Jurnal Aspirasi 10(1), 1–17. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v10i1.1229.

Creswell, W.J. 2013. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional.JurnalEdukasi,13(2),161–174.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru.Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan (IPTEKDIKTI). Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Gagné, R. M. (1985). The Conditions of Learning. New York, NY: Holt, Rinehart and Winston.

Guo, P. J., Kim, J., & Rubin, R. (2014, March). How video production affects student engagement: an empirical study of MOOC videos. In Proceedings of the first ACM conference on Learning@ scale conference (pp. 41-50). ACM. https://doi.org/10.1145/2556325.2566239.

Hewitt, J. (2008). Reviewing the handbook of technological pedagogical pedagogical content knowledge (TPACK) for educators. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education, 8 (4), 355 –360.

Husien, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11 – 21.

Kim, J., Guo, P. J., Seaton, D. T., Mitros, P., Gajos, K. Z., & Miller, R. C. (2014, March). Understanding in-video dropouts and interaction peaks inonline lecture videos. In Proceedings of the first ACM conference on Learning@ scaleconference(pp.31-40). CM. https://doi.org/10.1145/2556325.2566237.

Ningrum, E. (2009, September). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). In Makalah yang diseminarkan pada kegiatan Pelatihan dan Workshop Model model Pembelajaran dalam Persiapan RSBI. Karawang.

Oakley, B. A., & Sejnowski, T. J. (2019). What we learned from creating one of the world’s most popular MOOCs. Npj Science of Learning, 4(1). https://doi.org/10.1038/s41539-019-0046-0

Partnership for 21st Century Skills (P21). (2018). Framework for 21 century learning. Diakses dari http://www.p21. org/our-work/p21-framework.

Paidi, P. (2008). Analisis Materi Esensial Sains SMP/MTs: Sebuah Contoh Langkah Taktis Guru Sains Menuju Sukses UAN. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 12(01).

Putri, P. D. (2019). Hubungan Latar Belakang Guru Geografi Sma Di Kota Cimahi Dan Kabupaten Bandung Barat Terhadap Kompetensi Tpack (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Oyanagi, W. And Satake, Y. (2016). Capacity Building in Technological pedagogical Content Knowledge for Preservise Teacher. International Journal for Educational Media and Technology, 10 (1), 33 – 44.

Sunaryo, H., Handayani, T., & Zuriah, N. (2020). Kesiapan mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) dalam-jabatan untuk menempuh program praktik pengalaman lapangan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12430.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication

Wahyuni, D. (2018). Peningkatan kompetensi guru menuju era revolusi industri 4.0.Diaksesdarihttps://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20SingkatX-24-II-P3DI Desember-2018-218.pdf.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan Abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278. https://core.ac.uk/download/pdf/297841821.pdf.

Widiyanto, A.M. 2013. Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS/LISREL dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial. Jakarta: Elex Media Computindo.

Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2), 130–136. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lingua/article/view/11095


Article Metrics

Abstract view : 354 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.