Inovasi, Teknologi, dan Pandemi: Perubahan Strategi Pemasaran UKM Makanan Khas Palu

Roslinawati Roslinawati(1*), Roman Reski Utama(2),

(1) Universitas Tadulako
(2) Universitas Tadulako
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan strategi pemasaran UKM khas Palu Sulawesi Tengah selama pandemi COVID-19. Penelitian ini di desain menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan yang ingin dicapai dari metode penelitian kualitatif adalah pemahaman yang berkaitan dengan makna yang dihasilkan dari pengalaman dan kehidupan sosial. Penelitian ini menetapkan usaha atau UKM Sofie Localfood sebagai fokus penelitian. Penentuan lokasi tersbut dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa UKM tersebut juga terdampak COVID-19 dan melakukan inovasi untuk tetap bertahan dan berkembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data penelitian ini mengacu pada tahapan yang terdiri dari editing data, kategorisasi data, penafsiran makna data, dan merumuskan simpulan dan rekomendasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi mampu membuat usaha makanan atau cemilan khas Palu dapat bertahan di tengah pandemi, meskipun terdapat berbagai kebijakan yang menghambat aktivitas masyarakat, namun keberadaan teknologi mampu membuat bisnis atau UKM makanan khas Palu dapat bertahan dan berkembang di masa pandemi. Inovasi yang dilakukan dari proses operasional yang konvensional beralih ke teknologi digital, baik dari produksi sampai pada pemasarannya.

Kata Kunci: COVID-19, Inovasi, Teknologi, Perubahan


Full Text:

PDF

References


Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: Complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Ding, A. W., & Li, S. (2021). National response strategies and marketing innovations during the COVID-19 pandemic. Business Horizons, 64(2), 295–306. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2020.12.005

Fossey, E., Harvey, C., Mcdermott, F., & Davidson, L. (2002). Understanding and Evaluating Qualitative Research. Australian & New Zealand Journal of Psychiatry, 36(6), 717–732. https://doi.org/10.1046/j.1440-1614.2002.01100.x

Kumala, R., & Junaidi, A. (2020). Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace). Prosiding Seminar STIAMI, 7(2), 98–103.

Mamar, S. (2018). Filsafat dan Metode Penelitian Sosial. Palu: LPP-Mitra Edukasi.

Moita, S., Monto, L. O., Kasim, S. S., & Sarmadan, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Perempuan Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Terdampak Pandemi Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(2), 263–272. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.253

Rizal, M., Afrianti, R., & Abdurahman, I. (2021). Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bagi Pelaku Bisnis Coffe shop pada Masa Pandemi Terdampak COVID-19 di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Inspirasi, 12(1), 96–105. https://doi.org/10.35880/inspirasi.v12i1.198

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. K-Media. http://repository.stieyapan.ac.id/id/eprint/73/

Sunardi, N., Sarwani, S., Am, E. N., Pranoto, P., & Hasmanto, R. B. (2020). Peran Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat di Kab. Purwakata di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32493/%JAMH.v2i1.9463

Teherani, A., Martimianakis, T., Stenfors-Hayes, T., Wadhwa, A., & Varpio, L. (2015). Choosing a Qualitative Research Approach. Journal of Graduate Medical Education, 7(4), 669–670. https://doi.org/10.4300/JGME-D-15-00414.1

Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan Transformasi Digital pada UKM Selama Pandemi COVID-19 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.38043/jimb.v6i1.3093

Zulfadhli, Z., Amiruddin, A., & Zamrani, I. (2021). Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Sektor Makanan Khas Daerah Aceh di Lampisang Aceh Besar. Jurnal Sain Ekonomi dan Edukasi (JSEE), 9(1), Article 1. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jsee/article/view/671


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.