Penerapan Green Skill pada Pembelajaran dan di Luar Pembelajaran

Regina Mangambe(1*), Anas Arfandi(2), Onesimus Sampebua(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan green skill pada pembelajaran dan diluar pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar. Pendekatan Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu sebanyak 507 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Universitas Negeri Makassar angkatan 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020. Teknik penentuan sampel yaitu sebanyak 20% dari populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner atau angket dengan teknik analisis data deskriptif. Penerapan green skill pada pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar tergolong baik, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa sebanyak 80,19% mahasiswa memiliki kecenderungan sangat tinggi. Penerapan green skill diluar pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar juga tergolong baik, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa sebanyak 63,36% mahasiswa memiliki kecenderungan sangat tinggi.

Kata Kunci: Green Skill, Penerapan, Persepsi Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Atase, K. (n.d.). di Inggris.

Bakar, K. A., Sam, M. F. M., Tahir, M. N. H., Rajiani, I., & Muslan, N. (2011). Green technology readiness in Malaysia: Sustainability for business development. Proc. of The 2nd International Conference on Business and Economic Research (2nd Icber 2011), 14–16.

Boromisa, A.-M., Tišma, S., & Ležaić, A. (2015). Green jobs for sustainable development. Routledge.

Consortium, C. S. (2001). Cedefop-European Centre for the Development of Vocational Training (Eds.): Generic ICT skills profiles. Luxembourg: Office for Official Publications of the European Communities.

Diep, P. C., & Hartmann, M. (2016). Green Skills in Vocational Teacher Education–a model of pedagogical competence for a world of sustainable development. TVET@ Asia, 6, 1–19.

Handayani, M. N., Ali, M., Wahyudin, D., & Mukhidin, M. (2020). Green skills understanding of agricultural vocational school teachers around West Java Indonesia. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(1), 21–30.

Pavlova, M. (2008). Technology and vocational education for sustainable development: Empowering individuals for the future (Vol. 10). Springer Science & Business Media.

Sern, L. C., Zaime, A. F., & Foong, L. M. (2018). Green Skills for Green Industry: A Review of Literature. Journal of Physics: Conference Series, 1019(1), 12030.

United Nations Educational, S. and C. O. (UNESCO). (2016). Strategy for technical and vocational education and training (TVET)(2016-2021).

Valiente, O. (2014). The OECD skills strategy and the education agenda for development. International Journal of Educational Development, 39, 40–48.

Zolkifli, H., Kamin, Y., Latib, A. B. A., Buntat, Y., & Awang, Z. (2016). Generic Green Skills: Industry and perspectives on technical education and vocational training (TVET). TVET@ Asia, 6, 1–13.


Article Metrics

Abstract view : 610 times | PDF view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.