Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online yang Mengintegrasikan Quizziz dan Bamboozle

Syukur Saud(1*), Nur Aeni(2), Laelah Azizah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Dalam menciptakan suasana belajar bahasa Inggris yang nyaman, kesan mahasiswa dan dosen sangat penting. Memimpin mahasiswa agar senang belajar merupakan salah satu tantangan besar bagi dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perasaan mahasiswa dan dosen tentang pembelajaran online dengan menggunakan gamification, menyelidiki bagaimana mahasiswa terlibat di dalam kelas. Pendekatan campuran digunakan dalam penelitian ini. Informasi diperoleh dari angket tentang sikap mahasiswa dan dosen terhadap materi pembelajaran online. Menggunakan skala Likert, mereka dinilai. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran online dengan menerapkan gamifikasi. Para siswa antusias dan terlibat dalam pembelajaran menulis Akademik dengan menggunakan gamifikasi. Temuan penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dan dosen dalam memperoleh wawasan dan pengetahuan awal ketika merancang model ELT untuk kelas online. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberikan umpan balik tentang bagaimana meningkatkan proses pembelajaran online.

Kata Kunci: Persepsi, pembelajaran online, gamifikas(quizziz & Bamboozle)


Full Text:

PDF

References


Aeni, N., Fitriani, F., & Fitri, N. (2019). The Use of Circle Games to improve the Mastery of English Vocabulary of the Indonesian Maritime Academy Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(3), 239-244.

Agboola, A., & Tsai, K.C. (2012). Bring character education into classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163-170. https://doi.org/10.12973/eu-jer.1.2.163

Azunre, G. A., Amponsah, O., Peprah, C., Takyi, S. A., & Braimah, I. (2019). A review of the role of urban agriculture in the sustainable city discourse. Cities, 93, 104-119.

Carini, R.M.; Kuh, G.D.; Klein, S.P. Student engagement and student learning: Testing the linkages. Res. High. Educ. 2006, 47, 1–32. [CrossRef]

Hamalik, Oemar. 2009. Pengembangan Kurikulum lembaga Pendidikan dan Pelatihan.Bandung:Triganda putra

Hergenhahn, B. R. dan Olson, Matthew H. 2010. Theories of learning (teori belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer: Mengembangkan profesionalisme abad 21. Bandung: Alfabeta.

Murray, J. Student led action for sustainability in higher education: A literature review. Int. J. Sustain. High. Educ. 2018, 19, 1095–1110. [CrossRef

Punyasettro, S., & Yasri, P. (2021). A Game-Based Learning Activity to Promote Conceptual Understanding of Chordates’ Phylogeny and Self-Efficacy to Learn Evolutionary Biology. A Game-Based Learning Activity to Promote Conceptual Understanding of Chordates’ Phylogeny and Self-Efficacy to Learn Evolutionary Biology, 10(4), 1937-1951.

Reflianto, Setyosari, P., Kuswandi, D., & Widiati, U. 2021. Reading comprehension skills: The effect of online flipped classroom learning and student engagement during the COVID-19 pandemic. European Journal of Educational Research, 10(4), 1613-1624. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1613

Salehudin, M., Nasir M., Hamzah, S. H., Toba, R., Hayati, N., & Safiah, I. (2021). The users’ experiences in processing visual media for creative and online learning using Instagram. European Journal of Educational Research, 10(4), 1669- 1682 https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1669

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, James D. Russel. 2012. Instructional technology and media for learning. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Snelbecker, Glenn E. 1974. Learning Theory, Instructional Theory, and Psychoeducational Design. New York: McGrow Hill Book Company.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tukiran Tanireja. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Usman. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wina,S. 2011. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Merdeka belajar dalam pandemi: Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh berbasis mobile. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 8(2), 1-. Doi https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.35747


Article Metrics

Abstract view : 220 times | PDF view : 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.