Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Budaya Religius pada SDIT di Kota Makassar

Syamsu A. Kamaruddin(1*), Wahira Wahira(2), Ansar Ansar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kepemimpinan merupakan aspek yang urgen dan krusial dalam sebuah organisasi karena ia berperan dalam menggerakan semua sumber daya organisasi. Oleh karena itu, maka artikel ini bertujuan untuk (1) menggambarkan implemengtasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk budaya religius pada SDIT di Kota Makassar. (2) menggambarkan efektifitas gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk budaya religius pada SDIT di Kota Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan populasi semua sDIT di Kota Makassar. Adapun jumlah sampelnya adalah 5 SDIT yang ditetapkan berdasrakan kuota sampling. Sedangkan jumlah responden sebanyak 50 orang (masing-masing 10 guru setiap sekolah) yang ditetapkan berdasrakan teknik kuota sampling. Teknik Pengumpulan Data menggunakan instrumen penelitian sedangkan teknik analisis data menggunakan tabulasi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah SDIT di Kota Makassar rata-rata menerapkan gaya kharismatik, gaya moraliss dan demokratis sebagai gaya dominan. Dalam konteks tertentu kepala sekolah juga sering bergaya otoriter. (2) Kepemimpinan terimplementasi dengan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah gaya kepemimpinan SDIT di Kota Makassar merupakan gaya campuran dari gaya otoriter, gaya demokratis, gaya moralis, dan gaya kharismatik. Tidak ada gaya kepemimpinan tunggal, minimal memiliki 2 gaya yang berbeda.

 Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, SDIT, Kurikulum, Guru


Full Text:

PDF

References


Agung, S. (2017). Pesat, Perkembangan Sekolah Islam Terpadu,. Republika.Co.Id.

Albanese, R., & Fleet, D. D. Van. (1994). Organizational Behavior: A Managerial Viewpoint. Dryden Press.

Anonim. (2018). 9 SD Islam Terbaik di Makassar, Ada yang Murah Bagus. PanduanTerbaik.Com.

Davis;, G. A., & M.A.Thomas. (1989). Effective Schools and Effective Teachers. Boston: Allyn and Bacon. Allyn & Bacon.

DeRoche, E. F. (1985). An Administrator’s Guide for Evaluating Programs and Personnel: An Effective Schools Approach. Allyn & Bacon.

Kependidikan, P. P. T. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Michael, F. (2001). Leading in A Culture of Change. JOssey Bass.

Muhammad, N., & Usman, H. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Taliwan Kabupaten Sumbawa Barat. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 205–218.


Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.