Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru

Ahmad Subair(1*), Lukman Lukman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di  kelas V UPTD SDN 145 Kabupaten Barru dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas dengan menggunakan  pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan subjek penelitian siswa kelas V UPTD SDN 145 Kabupaten Barru sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Fokus penelitian meliputi fokus proses dan fokus hasil. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi, serta tes akhir siklus. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklus. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang karakteristik geografis Indonesia di kelas V UPTD SDN 145 Kabupaten Barru telah berhasil dengan persentase nilai rata-rata siswa berkategori baik dan telah sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan

Kata Kunci: Hasil Belajar, Student Facilitator And Explaining

 


Full Text:

PDF

References


Halik A., Israwaty I., & Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan. 7(2), 126

Hidayat, U. S. 2016. Model-Model Pembelajaran Efektif. Jawa Barat : Yayasan Budhi Mulia Sukabumi

Mustikasari, I., Supandi & Aries, T. D. 2019. Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 305

Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Deepublish

Saifuddin, A., Nasikh, & Sugeng, H. U. 2015. Penerapan Model Pembelejaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekonomi di SMA Negeri 02 Batu. Jurnal Ekonomi, 8(1), 36

Sanjaya, W. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta

Siyoto, S. & Ali, S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Deepublish

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3. Jakarta

Widayati, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 4(1), 88-89


Article Metrics

Abstract view : 257 times | PDF view : 884 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.