Analisis Pengetahuan Literasi Fisik Anak Usia 8-12 Tahun pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Majumi Nur(1*), Ians Aprilo(2),

(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kurikulum merupakan jantungnya pendidikan (heart of education).  Kurikulum pendidikan nasional disusun dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Literasi fisik dalam masa pandemi ini merupakan potensi yang dapat dikembangkan kepada anak-anak sejak dini secara optimal. Pembiasaan aktivitas literasi fisik dilingkungan keluarga dengan membiasakan orang tua memberikan contoh bagi anaknya. Dilingkungan sekolah aktivitas literasi fisik dapat diberikan lewat guru pendidikan jasmani selama pembelajaran sehari-hari berkaitan dengan aktivitas gerak siswa. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan tentang bagaimana tingkat pengetahuan literasi fisik anak usia 8-12 tahun di Sulawesi Selatan, sehingga dapat membantu guru pendidikan jasmani untuk menentukan kurikulum yang tepat bagi siswa Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data pengetahuan tentang literasi fisik anak usia 8-12 tahun ini menggunakan kuisioner yang mengadaptasi dari Physical Literacy Knowledge Questionnaire (PLKQ) dari Longmuir, Woodruff, Boyer, Lloyd, & Tremblay, 2018) yang nantinya akan dimodifikasi sesuai karakteristik budaya dan bahasa Indonesia. Hasil dari pengisian kuisioner adalah banyak siswa yang telah melakukan literasi fisik secara mandiri.

Kata Kunci: Literasi Fisik  dan Pendidikan Jasmani


Full Text:

PDF

References


Andini, A., & Indra, E. N. (2016). Perbedaan Pengaruh Frekuensi Latihan Senam Aerobik Terhadap Penurunan Persentase Lemak Tubuh Dan Barat Badan Pada Members Wanita. Medikapora, 12(1), 39–52. https://doi.org/doi.org/10.21831/medikora.v15i1.10071

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Durden-Myers, E. J., Green, N. R., & Whitehead, M. E. (2018). Implications for promoting physical literacy. Journal of Teaching in Physical Education, 37(3), 262–271. https://doi.org/10.1123/jtpe.2018-0131

Georgeta, N., Elena, S., & Cecilia, G. (2019). A DOLESCENT ’ S AEROBIC ENDURANCE TRAINING Psychologists. XIX(2), 298–303.

Inten, D. N., & Permatasari, A. N. (2019). Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188

Irianto, D. P. (2000). Panduan Latihan Kebugaran. Lukman Offset.

Lema, I. R., & Cahya, K. D. (2019). Pentingnya Olahraga Dalam Kehidupan Agar Sehat Dan Bugar. Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/sr25x

Longmuir, P. E., Woodruff, S. J., Boyer, C., Lloyd, M., & Tremblay, M. S. (2018). Physical Literacy Knowledge Questionnaire: feasibility, validity, and reliability for Canadian children aged 8 to 12 years. BMC Public Health, 18(S2). https://doi.org/10.1186/s12889-018-5890-y

Muniroh, Si. M. (2013). Sekolah Ideal Pekerja Anak : Jurnal Penelitian, 10(1), 19–42.

Nurhadiansyah, R., Haetami, M., & Triansyah, A. (2016). Kemampuan Literasi Peserta Didik Pendidikan Jasmani Di Smk. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–8.

Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/4646

Santika, I. G. P. N. A. (2015). Hubungan Indeks Masa Tubuh (IMT) Dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester II Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahu 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1(1), 42–47. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/6

Sulistiyono. (2005). MELALUI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. 1–18. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/4646

Whitehead, M. E., Durden-Myers, E. J., & Pot, N. (2018). The value of fostering physical literacy. Journal of Teaching in Physical Education, 37(3), 252–261. https://doi.org/10.1123/jtpe.2018-0139


Article Metrics

Abstract view : 920 times | PDF view : 1365 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.