Keberkanjutan Usaha dan Daya Saing UMKM Melalui Strategi Pemasaran: Studi Kasus pada Bisnis Kuliner

Muhammad Azis(1*), Muhammad Hasan(2), Fajriani Azis(3), Nur Arisah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. UMKM di Kelurahan Malakaji telah menjadi bagian penting dari sistem perekonomian seperti warung bakso Zayyani Chipz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana keberlanjutan usaha dan daya saing UMKM. Penelitian ini dilakukan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keberlanjutan usaha dan daya saing UMKM di Kelurahan Malakaji yaitu UMKM lebih ditunjukkan untuk jadi pelaku ekonomi yang berdaya saing dengan menggunakan strategi pemasaran yang mencakup strategi harga, lokasi, promosi, dan pelayanan serta dengan penguatan kewirausahaan dan kenaikan produktivitas yang didukung dengan upaya kenaikan menyesuaikan diri terhadap kebutuhan pasar, pemanfaatan hasil inovasi serta pelaksanaan teknologi.

 Kata Kunci: Keberlanjutan Usaha, Daya Siang, UMKM


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. K., Maarif, M. S., Sukardi, Raharja, S., & Harjo. (2017). Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah Berbasis Olahan Ikan di Indonesia: Suatu Tujuan. Jurnal Industrial Services, 3(1), 331–341.

Fitri, N., Wiana, D., & Medan, P. N. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Bakso Bang Boneng Titi. 1(1).

Yanti, V. A., Amanah, S., & Muldjono, P. (2018). Menengah Di Bandung Dan Bogor. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(2), 137–148.

Fay, D. L. (1967). No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 15–40.

Lantu, D. C., Triady, M. S., Utami, A. F., & Ghazali, A. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 77–93. https://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.1.6

Baldassarre, B., Keskin, D., Diehl, J. C., Bocken, N., & Calabretta, G. (2020). Implementing sustainable design theory in business practice: A call to action. Journal of Cleaner Production, 273, 123113. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.123113

Datta, Y. (2010). A critique of Porter’s cost leadership and differentiation strategies. Chinese Business Review, 09(04), 37–51. https://doi.org/10.17265/15371506/2010.04.004

Languages, F. (2017). Advances in Economics, Business and Management Research (AEBMR), volume 26. 26(Icefs), 1–4.

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.

Ii, B. A. B. (2010). No Title.

Bowo, P. A., & Nurayati, A. (2016). Analysis of Competitiveness and Government Policy on Rice, Corn and Soybean Farming. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 9(2), 159–169. https://doi.org/10.15294/jejak.v9i2.8235

Bustami, B., & Hidayat, P. (2013). Analisis Daya Saing Produk Ekspor Provinsi Sumatera Utara (Competitiveness Analysis on Export Product in Northern Sumatera). Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(2), 58–71.

Fitri, N., Wiana, D., & Medan, P. N. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Bakso Bang Boneng Titi. 1(1).

Kusrini, E. (2019). Pemberdayaan UMKM Bakso Kemasan “Ada Rasa” Melalui Analisis Religiusitas Strategi Marketing di Jekulo Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 81. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i1.5230

Mama, B. (2019). 21 3 ( 123 ). 10(September), 7–8.

Maulana, Irman, D. J. P. (2019). Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Bakso Berdasarkan Model Kano di CV Mett Ball Foods. Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 1(1), 25. https://doi.org/10.30998/joti.v1i1.3426

Prasetyanto, P. K., Prakoso, J. A., & Destiningsih, R. (2019). ANALYSIS OF SMEs COMPETITIVENESS THROUGH THE INNOVATION STRATEGY AND PRODUCT SALE INFORMATION SYSTEM IN THE TRUNAN VILLAGE, MAGELANG CITY. AFEBI Economic and Finance Review, 4(02), 131. https://doi.org/10.47312/aefr.v4i02.283

Radix, I., & Jati, A. P. (n.d.). Pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari Tri Darma perguruan tinggi. 1022–1027.

Radyanto, M. R., & Prihastono, E. (2020). Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Berkelanjutan Bagi UMKM Berbasis Sistem Manajemen Kinerja. Opsi, 13(1), 17. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3467

Siti Hardianti, Sri Kantun, U. H. . S. (2014). Strategi pengembangan usaha pada pedagang bakso di sekitar kampus universitas jember. 1–7.

Subroto, A. A. (2018). Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah di Kawasan Taman Bungkul Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Kinerja, 4(1), 1–8.

Utami, W., Siregar, H. R., & Asnawi, A. (2020). The influence of the sixone 77 meatball marketing mix to customer satisfaction in Makassar city. Advances in Environmental Biology, 14(9), 1–7. https://doi.org/10.22587/aeb.2020.14.9.1

Wicaksono, L., M, N., & Hartanto, A. (2020). Perbedaan Pendapatan UMKM Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Kredit : Journal of Regional Economics Indonesia, 1,No 1, 73–95.

Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.

Yulita, R. R., Daryanto, A., & Indrawawan, R. D. (2021). Comparison of Marketing Mix Determination on Purchasing Decisions of Pakde Jangkung Meatballs. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 4(2), 133–146. https://doi.org/10.31002/rn.v4i2.3881

Azraputra, R. S., & Halim, E. (2020). USE OF SOCIAL MEDIA FOR STRATEGIES TO IMPROVE THE. 4(2), 81–96.

Dewinta, A. F. W. F. M. (2018). Jurnal ilmiah perikanan dan kelautan. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 10(2), 95–105.

Jati, H., Rosary, P. E. De, H.J.Fanggidae, A., & Makatita, R. F. (2021). the Importance of Financial Literacy and Technological Literacy for the Sustainability of the Culinary Business in Kota Kupang During the Covid -19 Pandemic. International Journal of Economics, Business and Management Research, 5(01), 15–41.

Mulyandari, N., Darmanto, Y. S., & Dewi, E. N. (2019). Marketing Management of Fish Meatballs At Households’ Scale in Nm Food Tegal City. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 87(3), 370–378. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-03.43

Poly, P., & Acid, L. (2016). by Thesis submitted in fulfillment of the requirements for the degree of Master of Science June 2008. March 2009.

Prayugo, S., Daryanto, A., & Djohar, S. (2012). VALUE CHAIN ANALYSIS OF BROILER TO INCREASE COMPETITIVENESS ( CASE STUDY AT PT . CHAROEN POKPHAND INDONESIA , TBK ) 2 . How is value chain governance carried out by PT . 3 . How much is the margin of marketing received by conditions affect the increase of. 9, 55–67.

Setyaningsih, E. D. (2015). Peluang dan Tantangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Moneter, 2(1), 190–197.

Azraputra, R. S., & Halim, E. (2020). USE OF SOCIAL MEDIA FOR STRATEGIES TO IMPROVE THE. 4(2), 81–96.

Dewinta, A. F. W. F. M. (2018). Jurnal ilmiah perikanan dan kelautan. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 10(2), 95–105.

Jati, H., Rosary, P. E. De, H.J.Fanggidae, A., & Makatita, R. F. (2021). the Importance of Financial Literacy and Technological Literacy for the Sustainability of the Culinary Business in Kota Kupang During the Covid -19 Pandemic. International Journal of Economics, Business and Management Research, 5(01), 15–41.

Mulyandari, N., Darmanto, Y. S., & Dewi, E. N. (2019). Marketing Management of Fish Meatballs At Households’ Scale in Nm Food Tegal City. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 87(3), 370–378. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-03.43

Poly, P., & Acid, L. (2016). by Thesis submitted in fulfillment of the requirements for the degree of Master of Science June 2008. March 2009.

Prayugo, S., Daryanto, A., & Djohar, S. (2012). VALUE CHAIN ANALYSIS OF BROILER TO INCREASE COMPETITIVENESS ( CASE STUDY AT PT . CHAROEN POKPHAND INDONESIA , TBK ) 2 . How is value chain governance carried out by PT . 3 . How much is the margin of marketing received by conditions affect the increase of. 9, 55–67.

Setyaningsih, E. D. (2015). Peluang dan Tantangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Moneter, 2(1), 190–197.

Alma, Buchari. 2005. Kewirausahaan. Bandung : CV Alfabeta.

Alyas & M. Rakib. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan. Sosiohumaniora, 1(1), 1-13.

Avrianty S, (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi pada UKM yang terdaftar pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60-73.

Bambang, Udin, et al, (2021). Strategi for MSMEs TO Achieve Sustainable Competitive Advantage: The Swot Analysis Method. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3) 505-515.

Emma, A. M. (2019). E-business Adoption in the Bangking Industry in Ghana (Doctoral thesis), Departemen of Business Administrational and Social Science, Division of Industrial marketing and e-commerce, Lulea Universitas of Technology.

Giones, F (2017). Digital technology enterpreneurship: A definition and research agenda. Technology Inovation Managemen Review, 7(5).

Hardilawati, W. L., (2020). The Survival Stategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. Journal Acountan & Ekonomic, 10(1), 89-98.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Elangga.

Lawrence, S., Deshmukh, S., & Navajivan. (2018). A Comperative Study of Digital Marketing vs. Traditional Marketing. IIBM’S Journal of Management Research, 112121.

Lestari, S.P. (2019). The Effect of Product Quality Toward Interest In. Journal Economic 5(2), 95-102.

Porter, Michael. 2001. Strategi Bersaing : Teknik Menganalisa Industry dan Pesaing. Jakarta : Erlangga.

Silviani. 2017. Strategi Pemasaran El-Nifa Boutique Untuk Meningkatkan Daya Saing. Ekonomi Islam STAIN Kudus : skripsi tidak diterbitkan.

Stelzner (2017). The new American way-how changes in labour law are increasing

inequality. Journal Industrial Relations, 48(3), 231-255.

Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta

: CV. Andi Offset.

Wahyudi, N. dan Heriyanto, A.E, 2014. Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksesan Usaha Jasa Mikro Di Kecamatan Sungai Kunjang. Jurnal Ekonomi Universitas Samarinda.

Wibowo, Dimas Hendika Zainul Arifin, dan Sunarti. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo), dalam (Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No.1 Desember 2015.


Article Metrics

Abstract view : 1581 times | PDF view : 375 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.