Pengaruh Kinerja Badan Usaha Milik Desa Terhadap Peningkatan Pembangunan Desa di Sulawesi Selatan

Hariany Idris(1*), Samsinar Samsinar(2), Warka Syachbrani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari kinerja badan usaha milik desa bagi pembangunan desa yang ada di Sulawesi Selatan. Peneliti merasa bahwa studi tersebut penting untuk dilaksanakan mengingat pentingnya menakar sumbangsih badan usaha yang selama ini telah masing-masing desa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner terstruktur. Populasi penelitian dalam hal ini adalah badan usaha milik desa yang ada di Sulawesi Selatan. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kinerja badan usaha milik desa selama ini menunjukkan pengaruh yang positif bagi pada umumnya pembangunan desa yang ada di Sulawesi Selatan.

Kata Kunci: Dana Desa; Kinerja Bumdes; Pembangunan Desa

 


Full Text:

PDF

References


Ade Eka Kurniawan. (2016). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa (Desa Lanjut Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga Tahun 2015). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, 33.

Fahmi, I. (2012). Analisis Kinerja Keuangan: Panduan bagi Akademisi, Manajer, dan Investor untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. STIK-PTIK.

Gesty, L. N., Prihatin, E. S., & Soemarmi, A. (2016). Pelaksanaan Tugas Badan Usaha Milik Desa di Desa Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Diponegoro Law Journal, 5(3), 1–18.

Hadi, D. W., & Kusuma, G. (2006). Propaganda Orde Baru 1966-1980. Jurnal Sosioteknologi, 1, 40–50. Retrieved from www.journal.unair.ac.id/filerPDF/4_jurnal propaganda_dwiwahyonohadi.pdf

Jumingan, D. (2006). Analisis laporan keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lawler, E. E., & Porter, L. W. (1967). The effect of performance on job satisfaction. Industrial Relations: A Journal of Economy and Society, 7(1), 20–28.

Muallim, A. (2018). PERANAN BUMDES TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA DI KECAMATAN ULU ERE KABUPATEN BANTAENG. STIE Nobel Indonesia.

Nurjani, M., Sudarmanto, E., & Surono, S. E. (2021). PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA PADA BUMDES YANG TERDAPAT DI KECAMATAN MEGAMENDUNG PERIODE. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 8(3).

Suleman, A. R., Revida, E., Soetijono, I. K., Siregar, R. T., Syofyan, S., Hasibuan, A. F. H., & Syafii, A. (2020). BUMDES Menuju Optimalisasi Ekonomi Desa. Yayasan Kita Menulis.

Syachbrani, W., & Yahya, M. (2018). Realisasi Perencanaan dan Pelaksanaan Tata Kelola Keuangan Pemerintah Desa (Studi di Desa Munte, Luwu Utara, Sulawesi Selatan). Bongaya Journal for Research in Management, 1(2), 45–55. Retrieved from https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/index.php/BJRM/article/download/89/54


Article Metrics

Abstract view : 368 times | PDF view : 514 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.