Penerapan Model Pemebelajaran Somatic Audiotory Visual Intelectual untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 1 Parepare

Abdul Halik(1*), Nur Ilmi(2), Abdul Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Somatic Audiotory Visual Intelectual (SAVI) untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V UPTD SDN 1 Parepare. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pemanfaatan desain Pre Eksperimental Design dan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa UPTD SDN 1 Parepare berjumlah  117 orang, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V yang berjumlah 24, pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan pemanfaatan observasi dan tes. Data  dianalisis dengan pemanfaatan analisis deskriptif dan inferensial dengan paired-sample t-test dengan bantuan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas V sangat meningkat. Ini terbukti pada hasil belajar siswa sebelum penerapan model Pembelajaran SAVI, pada umumnya berada pada kategori cukup. Namun, sesudah penerapannya menunjukkan bahwa sangat meningkat dan berada pada kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran SAVI sangat efektif terhadap keterampilan berbicara siswa Kelas V UPTD SDN 1 Parepare.

 Kata Kunci : Model Pembelajaran, SAVI, Keterampilan Berbicara


Full Text:

PDF

References


Khairani, M. (2014). Psikologi belajar. Aswara Pressindo.

Komalasari, K. (2015). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi. Refika Aditama.

Kusmayuda, I.G.N., Sudiana, I.W., & Widiana, I.W. (2013). Pengaruh model pembelajaran SAVI berorientasi keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Tejakula. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.838

Malinda, I. B., Lestari, L. & Yulianti. (2017). Penerapan pendekatan somatis, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat–sifat cahaya pada siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(4). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10374/7643

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Motivasi Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Uno, H.B. (2009). Model Pembelajarn: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.