Blended Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Asing

Misnawaty Usman(1*), Nurming Saleh(2), Burhanuddin Burhanuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman melalui model pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2019 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 46 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel total (total sampling). Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas A berjumlah 23 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan kelas B yang berjumlah 23 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui tes hasil penguasaan kosakata mahasiswa dan dianalisis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung lebih besar ttabel (4,308 > 2,015) dengan taraf signifikan 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model Blended Learning efektif terhadap hasil belajar bahasa asing (Jerman) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Jurusan Bahasa Asing, FBS-UNM.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Blended Learning, Kosakata Bahasa Jerman

Full Text:

PDF

References


Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Hima, Lina Rihatul. 2017 Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Mahasiswa Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(1). 140.

Kadir, Abdul. 2013. Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Samarinda: Dinamika Ilmu, Vol. 13. No. 3. Tersedia pada https://journal.iain-samarinda.ac.id, diakses pada tanggal 3 Maret 2021.

Khaerunnisa, Fahtu. 2019. Evaluasi Penerapan Blended Learning Pada Pembelajaran Bahasa Arab di SMPIT Ibadurrahman: Studi Kasus di Kelas VII Akhwat. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 2(2). E-ISSN: 2721-480X. Tersedia pada https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/index, diakses pada tanggal 1 Maret 2021).

Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Scholl, Stefani. 2007. Fuehrt der Einsatz der woertschatzleiste Im Sprachunterricht. Norderstedt. Germany: GRIN VERLAG.

Semler, S. 2005. Use Blended Learning to Increase Learner Engagement and Reduce Training Cost (https://sevima.com/pengertian-dan-manfaat-model-pembelajaran-blended- learning/) diakses 3 Maret 2021.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Smart.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.