Analisis Tingkat Kemampuan Dasar Bermain Sepak Bola Putra SDN 4 Maddukkelleng Kec.Tempe Kabupaten Wajo

Andi Rizal(1*), Ricardo V. Latuheru(2), Akbar Sudirman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kategorial tentang kemampuan dasar bermain sepakbola siswa putra SDN 4 Maddukkelleng Kecamatan. Tempe  Kabupaten. Wajo yang diduga masih sebagian besar kurang baik. Penelitian ini . Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa baik tingkat kemampuan dasar bermain sepakbola siswa putra SDN 4 Maddukkelleng Kecamatan. Tempe  Kabupaten. Wajo. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa putra SDN 4 Maddukkelleng Kecamatan Tempe  Kabupaten. Wajo yang berjumlah 20 siswa  sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan dasar bermain sepakbola usia 10-12 tahun dari Daral Fauzi. meliputi 6 (enam) butir tes. yaitu : Dribbing, Short pass, Throw in,Running with the ball, Heading dan Shooting at the ball. Adapun metode analisis data mengkonversi skor mentah masing-masing item tes ke dalam nilai baku kemudian dinalisis persentase untuk penentuan ketegori tingkat keterampilan dasar bermain sepakbola.Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan dasar siswa putra SDN 4 Maddukkelleng Kecamatan. Tempe  Kabupaten. Wajo. termasuk kalsifikasi “Sedang” dengan frekuensi dan persentase tertinggi yaitu 11 Siswa dengan persentase 55% dari 20 murid yang diteliti. Adapun sisanya tersebar dalam klasifikasi “kurang” 8 murid persentase (40 %) dan kategori “kurang sekali” 1 murid (50%).

Kata Kunci: Tingkat, Kemampuan Dasar,Sepakbola


Full Text:

PDF

References


Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Robert Koger. (2007). The New Coach’s Guide to Coaching Soccer. El Paso Texas: Skyhorse Publishing.

Sugiyanto. (2003). Perkembangan dan belajar motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sucipto, dkk. (2007). Sepakbola. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Suwarno K.R. ( 2001).Sepak Bola: Gerak Dasar dan Teknik Dasar

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Subagyo Irianto (2010). Pedoman pelaksanaan pengembangan tes kecakapan “David Lee” untuk sekolah sepakbola.jurnal tesis Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.