Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Evaluasi Proses Menggunakan Audio Visual Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Makassar

Benny Badaru(1*), Suwardi Suwardi(2), Rivan Saghita Pratama(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil servis atas bola voli melalui evaluasi proses menggunakan audio visual pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar Tahun Ajaran  2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 44 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran servis atas bola voli dengan evaluasi proses audio visual. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar dasarservis atas bola voli. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama empat minggu atau empat kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 22 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (50%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 22 orang siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 74,04 Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 38 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (85) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 6 orang siswa masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 81,81 Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 7,77 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 36,36%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan evaluasi menggunakan audio visual dapat memberikan peningkatan terhadap proses belajar bola voly pada siswa kelas XI IPA 1  SMA Negeri 2 Makassar Tahun Ajaran 2020/2021.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Servis, Audio-visual dan Bola Voly


Full Text:

PDF

References


AJAR, B., & PPG, P. P. G. (2010). Media pembelajaran anak usia dini.

Andriskha, P. S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOREHAND DRIVE TENIS MEJA MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. UNIMED.

Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7–14.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan penalaran serta disposisi matematik siswa SMK dengan pendekatan kontekstual melalui game adobe flash cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197–222.

Buhari, M. R. (2019). PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN BERPOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET SISWA SMP NEGERI 2 SAMARINDA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 38–50.

Hariyanto, E., & Mustafa, P. S. (2020). Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani. Lambung Mangkurat University Press.

Hermanzoni, H. (2020). Pengaruh Kekuatan Otot Lengan dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Kemampuan Smash Bolavoli. Jurnal Patriot, 2(2), 654–668.

Iskandar, I. (2016). Hubungan Koordinasi Mata-tangan dengan Servis Atas Bola Voli Mahasiswa Putra Penjaskes IKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(2), 146–155.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.

Sembiring, P. A. (2015). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI BINGAI TAHUN AJARAN 2014/2015. UNIMED.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media.

Switri, E. (2019). Teknologi dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Ayra Luna.

Yaumi, M. (2016). Action Research: Teori, model dan aplikasinya. Prenada Media.


Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.