Penerapan Model Cooperative Learning Dengan Metode Think Talk Write dalam Meningkatkan Hasil Belajar Meringkas Teks Eksplanasi Siswa Kelas V UPT SDN 228 Pinrang

Nurjannah Nurjannah(1*), Abd Halik(2), Nur Ilmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian-penelitian mengenai ranah pembelajaran telah lama menjadi fokus studi belajar-mengajar sebagai bidang penelitian tersendiri. Namun jika menganalisis lebih lanjut atas penelitian terkait, terutama penelitian tindakan kelas (PTK) dalam menelisik model dan metode pembelajaran, masih terdapat beberapa tahapan dan langkah yang perlu dikembangkan lagi. Adapun fokus penelitian ini, yakni hasil belajar meringkas teks eksplanasi pada Kompetensi Dasar 3.2 dan 4.2 Bahasa Indonesia. Dengan demikian, pendekatan kualitatif berbentuk PTK dipilih untuk menganalisis fokus penelitian dengan penerapan model Cooperative Learning (CL) dengan metode Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa kelas V UPT SDN 228 Pinrang. Alur penelitiannya dimulai dengan penyelidikan, yang dilanjutkan ke Siklus I dan II melalui perencanaan, penetapan rencana, pemberian tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan dokumentasi. Kumpulan data penelitian dianalisis melalui pengorganisasian, pentranskripsian, pengkodean data untuk disajikan dan diinterpretasikan sebagai simpulan data penelitian. Hasil data penelitian kemudian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat dari Siklus I ke Siklus II, utamanya pada interaksi dan diskusi siswa. Dengan demikian, penerapan model CL dengan metode TTW lebih dapat meningkatkan hasil belajar meringkas teks eksplanasi siswa Kelas V UPT SDN 228 Pinrang.

 

Kata Kunci: Model, Metode, Pembelajaran, Kooperatif, Menulis

Full Text:

PDF

References


Adeninawaty, D., Soe’oed, R., & Ridhani, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning (DL) strategi Think Talk Write dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar menulis teks ulasan kelas VIII SMP. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 1(2), 75-88. https://media.neliti.com/media/publications/291657-penerapan-model-pembelajaran-discovery-l-f37e254d.pdf

Ariati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 228 Pinrang. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.

Creswell, J. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (5th ed.). Pearson (Karya orisinil dipublikasikan 2008)

Cox, C. (1999). Teaching language arts: A student and response centered classroom. Allyn and Bacon.

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan cooperative learning. Kagan Publishing.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Effective teaching: Teori dan aplikasi (H.P. Soetjipto & S.M. Soetjipto, Penerjemah). Pustaka Pelajar.

Joyce, B., & Weil, M. (1996). Models of teaching (5th ed.). (V. Lanigan, Ed.). Allyn & Bacon.

Setyowati, F. (2021). The application of Think Talk Write model to improve practice report writing skills for Elementary School. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 130-135. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/53800/32343

Silalahi, T.F., & Hutauruk, A.F. (2020). The application of cooperative learning model during online learning in the pandemic period. Budapest International Research and Critics-Journal, 3(3), 1683-1691. https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.xxx

Silberman, M.L. (2006). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif ( R. Muttaqien, Penerjemah). Penerbit Nusamedia.

Rukaya, Slamet, St.Y., & Andayani. (2018). The implementation of cooperative learning approach with multimedia for children’s literature learning at elementary school in the characters building perspective. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(1), 97-106. https://jurnal.uns.ac.id/ijpte/article/view/15798/19336

Tilaar, H.A.R. (2012). Kaleidoskop Pendidikan Nasional. Kompas Media Nusantara.

Uno, H.B. (2009). Model pembelajarn: Menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Bumi Aksara.

Waritsman, A., & Wutsqa, D.U. (2019). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 183-196. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/1153/510.

Zahrina, L.N., & Qamariyah, U. (2018). Peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi melalui strategi Joyfull Learning untuk siswa kelas VII B SMP Negeri 7 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 64-71. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/download/25746/1247


Article Metrics

Abstract view : 278 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.