Analisis Minat dan Motivasi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Untuk Mendapatkan Sertifikat Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

Nahriana Nahriana(1*), Hasanah Hasanah(2), Nini Rahayu(3), Elfira Makmur(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Negeri Makassar adalah LSP yang diberikan kewenangan untuk memberikan sertifikat profesi bagi para mahasiswa. Perlu dilakukan penelusuran terhadap minat dan motivasi mahasiswa untuk mengetahui tingkat keseriusan mahasiswa serta memetakan sumber daya yang akan dialokasikan pada uji kompetensi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mengetahui tingkat minat dan motivasi mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat profesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat dan motivasi mahasiswa sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena mereka ingin menambah kompetensi keahlian, membutuhkan pengakuan keahlian, dan ingin menambah surat keterangan pendamping ijazah. Namun informasi mengenai LSP UNM masih kurang tersosialisasi dengan baik.

 Kata Kunci: Lembaga Sertifikasi Profesi, Minat, Motivasi


Full Text:

PDF

References


Afandi, N. K. (2017). Learning motivation: reward and punishment in the western and the islamic perspective. International Seminar On Islamic Education.

Kurilovas, E. (2018). On data-driven decision-making for quality education. Computers in Human Behavior, 107(January), 105774. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.11.003

Pavlović, D., Domazet, I., & Lazić, M. (2018). The Impact of Education on the Youth Labour Market in Serbia. 83, 11–18. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ILSHS.83.11

Pemerintah Republik Indonesia. (2018). Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 2018 Tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (Nomor 10, hal. 1–16).

Saputra, R., & Kustina, K. T. (2019). Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Penilai Ditinjau Dari Motivasi Sosial, Motivasi Karir Dan Motivasi Ekonomi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 4(1), 73. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2146


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.