Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMPN Terakreditasi A Sekecamatan Tamalate Kota Makassar Pada Materi Lapisan Atmosfer

Nurhayani H Muhiddin(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Rifda Nur Hikmawati Arif(3), Salma Samputri(4), Uswatun Nisa(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengidentifikasi konsep yang peserta didik  mengalami miskonsepsi dan (2) mengetahui persentase peserta didik yang miskonsepsi pada materi lapisan atmosfer. Penelitian ini merupakan penelitian survey  dengan metode kombinasi (Mixed Method) menggunakan desain squential explanatory. Populasi penelitian sebanyak 1.677 peserta didik dari 5 sekolah terakreditasi A yakni SMPN 15 Makassar, SMPN 18 Makassar, SMPN 24 Makassar, SMPN 26 Makassar dan SMPN 27 Makassar. Penentuan jumlah sampel menggunakan Rumus Slovin secara Random Class Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 468 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pilihan ganda beralasan dengan tingkat keyakinan (three-tier diagnostic test) sebanyak 5 butir soal yang telah divalidasi oleh ahli dan melewati validasi item. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis soal three-tier diagnostic test dan wawancara. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa: (1)  peserta didik mengalami miskonsepsi pada konsep komponen penyusun atmosfer, hubungan antara ketinggian tempat, tekanan udara dan jumlah molekul udara di atmosfer dan (2) Miskonsepsi terjadi pada semua konsep pada materi lapisan atmosfer dengan persentase miskonsepsi peserta didik pada setiap konsep terkait komponen penyusun atmosfer sebesar 68,70% (tinggi), hubungan antara ketinggian tempat, tekanan udara dan jumlah molekul udara di atmosfer  sebesar 64,60% (tinggi).

 

Kata Kunci: Miskonsepsi, Lapisan Atmosfer, Three-Tier Test

Full Text:

PDF

References


Arslan, H. O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. 2012. A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers' Misconseption about Global Warming, GreenHouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education. 34(11), 1667-1686.

Fitriatin, N. H., Fajarianingtyas, D. A., & Wati, H. D. 2018. Pengaruh Pengajaran Remedial Menggunakan Strategi Analogi terhadap Miskonsepsi IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 8, 1-10.

Idayanti, I., Darsono, T., & Naini, B. 2019. Pengembangan Tes Diagnostik Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Termodifikasi pada Materi Tekanan Zat untuk Siswa Kelas VIII SMP. Unnes Physics Education Journal, 2019, 8, 22-27.

Indriana, A., Yusuf, M., Maru, R., & Saputro, A. 2021. Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Geografi untuk mengurangi Miskonsepsi Peserta Didik. Jurnal La Geografia, 19, 284-301.

Liliawati, W., & Ramalis, T.R. 2009. Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Menggunakan CRI (Certainly Of Respons Index) dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA pada KTSP. Prosiding Seminar Nasiona Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. Universitas Pendidikan Indonesia:159-168.

Mahmudah, A. 2019. Perbandingan Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier, Three-Tier, dan Four Tier Multiliple Choice dalam Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta didik pada Materi Ikatan Kimia. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Manurung. 2017. Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three Tier Test Melalui Penerapan Model Pembelajaran Sinektik. Jurnal Handayani, 8, 75-83.

Mustikasari, V. R., Annisa, M., & Munzil. 2017. Identifikasi Miskonsepsi Konsep Tekanan Zat Siswa Kleas VIII-C SMPN 1 Karangploso Semester Genap Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Pembelajaran Sains, 1, 39-50.

NASA E-Clips. 2019. Composition of Earth Atmosphere. Washington: NASA E-Clips.

Indriyanti, R. 2019. Implementasi Peta Konsep untuk Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Newton. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Pebriyanti, D., Sahidu, H .,& Sutrio. 2015. Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 1(1), 92-98.

Rusli, W., Haris, A., & Yani, A. 2016. Studi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar pada Pokok Bahasan Gerak dan Gaya. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 12, 192-199.

Setiawati, G. A., Arjaya, I. B., & Ekayanti, N. W. 2014. Identifikasi Miskonsepsi dalam Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan pada Peserta Didik Kelas IX SMP di Kota Denpasar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 12, 192-199.

Shalihah, A., Mulhayayiah, D., & Alatas, F. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Threetier Pada Hukum Newton dan Penerapannya. Journal Of Teaching And Learning Physics. 1, 24-33.

Soeharto., Csapo, B., Sarimanah, E., Dewi, F. I., & Sabri, T. 2019. A Review Of Student's Common Minsconceptions in Science and Their Diagnostic Assessment Tools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8, 247-266.

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan dalam Konsep Fisika. jakarta: Grasindo.

Yanmesli. 2018. Miskonsepsi Pada Materi Litosfer Untuk Mengungkap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Georafflesia, 3, 37-48.

Zulvita, R., Halim, A., & Elsia. 2017. Identifikasi dan Remediasi Miskonsepsi Konsep Hukum Newton dengan Menggunakan Metode Eksperimen di MAN Darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2, 128-134.


Article Metrics

Abstract view : 285 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.